8 Fasilitas yang Harus Disediakan di Warung Kopi

Saat akan membuka usaha kedai warung kopi, tentu banyak hal yang harus diperhatikan agar warung kopi selalu ramai dipenuhi pengunjung setiap harinya. Kita harus pandai memikirkan kira kira apa saja yang membuat warung kopi kita lain dari pada yang lain. Lalu apa saja yang membuat pengunjung tertarik untuk mampir dan kembali lagi di kemudian hari.

Setelah semua hal mendasar kita persiapkan, langkah selanjutnya adalah memikirkan fasilitas fasilitas tambahan yang akan menunjang warung kopi kita. Jangan remehkan hal ini karena tanpa fasilitas lebih maka warung kopi kita tak ada bedanya dengan yang lain dan menjadi biasa saja. Untuk sukses dalam berbisnis kita harus berusaha lebih baik dari para kompetitor kita. Apalgi kini warung kopi teah berubah menjadi salah satu tujuan nogkrong pilihan anak muda karena berbagai fasilitas telah disediakan didalamnya.

Suasana Warung Kopi dengan fasilitas TV
Pengunjung Sedang Menikmati Fasilitas TV di Warung Kopi

Dengan begitu ketika anda akan membuka usaha warung kopi, maka anda haruslah mengetahui apa saja fasilitas utama yang biasanya ada di warung kopi. Segala fasilitas tersebut haruslah disediakan secara gratis sebagai bonus bagi mereka yang datang berkunjung. Ini akan memberikan kesan tersendiri pada benak para pengunjung kedai kopi anda.

Dan sesuai judul artikel kali ini. Ngopisurabaya.com akan memberikan ulasan mengenai daftar fasilitas yang biasa ditemui di kedai warung kopi. Berikut ini daftar lengkapnya.

1. Wifi

Kalau wifi jelas wajib hukumnya. Jangan coba coba membuka usaha warung kopi tanpa menyediakan fasilitas yang satu ini. Apalagi sekarang ini zamannya teknologi dimana setiap orang menghabiskan sebagian besar waktunya didepan gadget. Tak jarang pengunjung warung kopi berkunjung hanya untuk mencari koneksi internet gratis alias wifi karena habis paket internetnya. Kalau tidak ada fasilitas ini, siap siap saja warung anda akan sepi pengunjung.
Baca : 5 Nama Wi-Fi yang Biasa Digunakan di Warung Kopi
2. Colokan Listrik

Untuk menunjang usaha warung kopi, salah satu fasilitas yang sebaiknya anda sediakan adalah colokan listrik. Menyediakan fasilitas ini sebenarnya memiliki efek positif dan negatif. Positifnya jelas saja pengunjung akan dimanjakan dan akan datang kembali. Mereka bisa berinternet gratis melalui wifi tanpa memikirkan baterai gadget mereka kehabisan daya. Namun efek negatifnya mereka akan menghabiskan waktu lebih lama di warung kopi anda. Ini menyebabkan perputaran pengunjung sedikit berkurang dan tentu saja berimbas kepada penghasilan yang sedikit lebih menurun. Solusi terbaiknya adalah tetap sediakan colokan listrik namun tetap dengan jumlah yang wajar dan tidak terlalu berlebihan. Hal ini dikarenakan tidak menyediakan colokan sama sekali juga bukan pilihan yang bijak. Letakkan hanya di beberapa lokasi dan jangan terlalu banyak. Mungkin cukup pasang di setiap pojokan atau satu meja hanya ada satu colokan listrik saja.
Baca : Daftar Warung Kopi dengan Banyak Colokan di Surabaya
3. TV

Mungkin dahulu jarang warung yang menyediakan TV sebagai fasilitas penunjangnya, namun kini TV bisa dengan mudah kita temui saat berkunjung di berbagai warung kopi. Fasilitas ini sebagai pengganti bagi pengunjung yang mungkin bosan berkutat dengan gadget mereka atau sedang tidak mengobrol bersama temannya. Apalagi jika ada tontonan olahraga yang menarik semisal sepak bola misalnya. Bisa dipastikan mata pengunjung akan tertuju pada fasilitas ini. Tak jarang kita temui pengunjung datang ke warung hanya untuk bisa menyaksikan tim sepak bola kesayangannya bertanding. Sehingga dengan menyediakan fasilitas TV, maka pangsa pasar warung anda pun semakin luas.

4. Kipas Angin

Kemudian ada kipas angin yang merupakan fasilitas yang perlu juga dipertimbangakn saat membuka usaha warung kopi. Untuk fasilitas yang satu ini semuanya tergantung bagaimana kondisi suhu ruangan di warung anda. Jika desain warung kopinya terbuka atau outdoor, tentunya kipas angin tidaklah dibutuhkan. Namun jika desain warung agak tertutup dan dirasa sedikit pengap, maka wajib bagi anda menyediakan kipas angin sebagai fasilitas tambahan agar pengunjung tidak kabur karena tak tahan akan suhu panas di warung kopi anda.

5. Toilet

Fasilitas selanjutnya yang biasa ada di warung kopi yaitu toilet. Toilet terkadang jarang disediakan di banyak warung kopi, padahal fasilitas ini sangatlah dibutuhkan oleh pengunjung. Banyak yang memilih pulang lebih awal hanya karena tak tahan menahan buang air kecil misalnya. Di era sekarang ini, jangan lupakan toilet sebagai fasilitas penunjang usaha warung kopi anda. Tidak perlu membangun toilet yang berlebihan, cukup sediakan satu buah toilet kecil dengan ukuran 1 meter persegi. Dengan begitu warung anda memiliki satu nilai lebih di mata pengunjung.

6. Parkir

Jangan sepelekan fasilitas parkir saat membuka bisnis warung kopi. Lahan parkir yang luas memiliki banyak keunggulan. Yang pertama tentu kesan profesional jelas terlihat, lalu juga membuktikan bahwa warung tersebut selalu dikunjungi oleh banyak orang setiap harinya. Dan fungsi utamanya jelas menampung kendaraan pengunjung yang datang. Sekarang ini terkadang yang datang lima orang dan kelimanya membawa kendaraan sendiri sendiri, ini jelas memakan tempat cukup banyak untuk memarkir kendaraan mereka. Jika sudah tahu begitu, apa jadinya jika tidak disediakan lahan parkir yang memadai, pengunjung pun bingung mau meletakkan kendaraannya dimana. Malah mungkin saat akan datang dan melihat parkiran penuh, pengunjung akhirnya memutuskan memilih tempat lain untuk ngopi.
Baca : Daftar Warung Kopi dengan Tempat Parkir Luas di Surabaya
7. Koran

Kalau koran tentu sudah cukup lama disediakan diberbagai warung kopi sejak beberapa tahun lalu sebelum wifi menjadi primadona. Koran hampir selalu ditemui di semua warung kopi dari mulai lebel bawah hingga atas. Mulai warung pinggir jalan hingga yang ala kafe pun menyediakan. Meski kini koran sudah jarang dibaca pengunjungnya akibat efek kemajuan teknologi, namun koran tetap memiliki pasarnya sendiri yaitu kalangan bapak bapak. Bapak bapak yang tidak melek teknologi jelas menjadikan koran sebagai sumber informasi dan bacaan utamanya. Jadi tetap sediakan koran di warung kopi anda karena masih tetap ada kalangan tertentu yang membacanya.

8. Permainan

Yang dimaksud permainan disini seperti catur dan karambol misalnya. Anda bisa menyediakannya di warung kopi anda sebagai fasilitas tambahan. Khusus catur biasanya pasti terpakai dan jelas memberi nilai lebih jika anda menyediakannya. Untuk apa saja yang disediakan semua terpulang terhadap pemilik warung sendiri ingin menyediakan jenis permainan apa saja.
Baca : Nongkrong Asik Sambil Main di Warkop Happy
Mungkin itulah fasilitas fasilitas yang harusnya disediakan oleh pemilik warung kopi masa kini. Pastikan pelanggan bisa mengaksesnya secara gratis dan dipungut biaya sedikitpun. Jika ada biaya dalam setiap fasilitasnya, maka bisa jadi warung kopi anda akan mendapatkan reputasi buruk dari pelanggan. Sekian untuk artikel kali ini dan semoga ini bisa bermanfaat bagi anda yang akan terjun dalam bisnis warung kopi.

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon