Model Warung Kopi Berdasarkan Target Konsumen

Sebelum membuka usaha warung kopi, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah target konsumennya. Kira kira konsumen seperti apa yang akan kita jadikan sasaran utamanya. Dengan begitu kita bisa menentukan model warung kopi yang cocok sesuai jenis konsumennya. Dengan mengetahui target konsumen, maka kita sebagai pemilik warung bisa lebih mudah dalam membangun usaha kedai kopi.

Kita Jadi tahu desain seperti apa yang cocok diterapkan pada warung kopi kita. Menu apa saja yang akan kita sediakan baik makanan dan minumannya. Dan yang terakhir adalah fasilitas yang cocok dan perlu ada di warung kopi kita. Dengan begitu kita bisa menghemat modal usaha dengan mengurangi hal hal yang seharusnya tidak perlu kita sediakan di kedai kopi kita.

Pengunjung Memadati Warung Kopi
Konsumen Memadati Warung Kopi

Misalnya target konsumennya kalangan tua atau bapak bapak, tentunya fasilitas seperti wifi tidak terlalu dibutuhkan. Memasang wifi hanya akan membuat modal dan pengeluaran bulanan anda membengkak karena tidak terlalu dibutuhkan. Maka langkah paling bijak adalah dengan tidak memasangnya sehingga lebih kecil modal yang dibutuhkan.

Jika sudah mengetahui betapa pentingnya menentukan target konsumen sebelum membuka usaha termasuk warung kopi, Maka ada baiknya anda menyaksikan ulasan singkat dibawah ini yang menjelaskan tentang model warung kopi berdasarkan target konsumen yang dibidik.

1. Mahasiswa

Jika target utama warung kopi anda adalah kalangan mahasiswa, jelas lokasi warung anda haruslah mudah dijangkau dari daerah kampus. Selanjutnya desainnya haruslah unik dan gaul/kekinian, Anda haruslah berkreatifitas mendesain interior dan eksteriornya sedemikian rupa agar sesuai dengan kalangan mahasiswa. Sedangkan menu yang disediakan harus cukup beragam, jangan hanya menyediakan makanan dan minuman standart warung kopi saja. Fasilitas tak kalah ketinggalan, wifi dan colokan wajib tersedia bagi mereka yang akan mengerjakan tugas kuliah.
Baca : Warung Kopi Ramonez, Tempat Nongkrong Hits Bagi Mahasiswa
2. Pekerja

Selanjutnya adalah warung kopi yang menargetkan kalangan pekerja baik pekerja kantoran maupun industri. Untuk pekerja kantoran maka lokasinya harus di sekitar gedung gedung perkantoran dan lebih baik pinggir jalan agar pekerja yang lalu lalang bisa melihat kedai kopi anda. Desainnya lebih cocok modern dengan gaya minimalis dan terlihat berkelas. Menunya pun harus lengkap dan cenderung ala kafe. Fasilitas seperti wifi dan colokan listrik pun harus tersedia.

Sedangkan untuk pekerja industri tentu lokasinya disekitar kawasan industri atau pabrik. Untuk desain tidak perlu yang muluk muluk. Lebih cocok desain terbuka dengan kursi memanjang seperti warung kopi yang biasa ditemui di pinggir jalan. Menu utama cukup kopi hitam dan standart saja seperti warung kopi pada umumnya. Fasilitas standart boleh saja meskipun ditambah colokan listrik lebih baik tentunya.

3. Bapak Bapak

Kalau target konsumennya bapak bapak dengan usia 40 tahun ke atas misalnya, maka tidak perlu aneh aneh baik dari segi desain dan menunya. Lokasinya boleh dimana saja namun biasanya sering dijumpai di dalam kampung dan desa desa. Dari segi desain cukup mendirikan warung dengan model yang simpel dan terbuka. Untuk minuman, kopi hitam yang disediakan wajiblah memiliki cita rasa tinggi karena biasanya bapak bapak pergi ke warung untuk memesan segelas kopi hitam saja. Sedangkan fasilitas seperti wifi dan lain sebagainya tidak perlu dijadikan pertimbangan utama karena memang kurang dibutuhkan. Bapak bapak biasanya hanya duduk duduk santai saja sambil ditemani kopi hitam.

4. Anak Muda

Berbeda jika target konsumennya kalangan mahasiswa yang haruslah memperhatikan desain warung kopi dan menunya. Untuk kaula muda biasa non mahasiswa, maka desain warungnya boleh biasa saja tanpa model aneh aneh asalkan tempatnya cukup luas dan enak digunakan untuk nongkrong. Lokasi juga boleh dimana saja silahkan disesuaikan sendiri. Menu yang disediakan pun boleh saja standart meskipun semakin lengkap semakin bagus. Dan masalah fasilitasnya maka wifi dan colokan wajib ada agar warung selalu ramai pengunjung.

Daftar diatas mungkin bisa menjadi pertimbangan anda sebelum memulai usaha warung kopi. Silahkan sesuaikan model warung kopi dengan target konsumen yang sudah anda pilih dan bangun usaha dengan lebih percaya diri. Semoga usaha anda berjalan lancar dan selalu sukses.

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon