Warung Kopi Ramonez, Tempat Nongkrong Hits Bagi Mahasiswa

Sebagai kota besar yang dipenuhi banyak perguruan tinggi, tentu kota Surabaya otomatis juga dipenuhi banyak mahasiswa pendatang. Banyaknya jumlah mahasiswa di Surabaya tentu harus diimbangi dengan keberadaan tempat nongkrong yang enak. Memang kebanyakan remaja biasanya menghabiskan waktu luang untuk nongkrong dengan teman-teman di warung kopi terdekat. Adakalanya ketika sebuah tempat nongkrong sudah terkenal, maka tempat tersebut akan selalu ramai dikunjungi. Apalagi jika tempat tersebut lokasinya strategis dan dekat dengan perguruan tinggi.

Warung kopi Ramonez merupakan salah satu contoh tempat nongkrong ramai yang dekat dengan perguruan tinggi. Keberadaan warung kopi menjadi berkah bagi mahasiswa yang ada di sekitarnya karena tempat ini selalu ramai dijadikan tempat nongkrong. Ramainya tempat ini tak lepas dari lokasi berdirinya warung Ramonez ini. Warung Ramonez berlokasi di Jalan Raya Menur No. 22, Airlangga, Gubeng, Surabaya. Letaknya memang tidak jauh dari Universitas Airlangga kampus B sehingga pengunjung di sini didominasi oleh mahasiswa UNAIR.

Warung Kopi Ramonez di Surabaya
Suasana di dalam Warung Kopi Ramonez

Tempat ini pun memilih nama Ramonez yang mungkin dianggap agak modern. Nama Ramonez sendiri mirip dengan nama band punk rock tahun 70an, yaitu Ramones. Namun tidak jelas apakah band Ramones merupakan inspirasi penggunaan nama tersebut. Ruang yang disediakan di Ramonez pun cukup luas. Terdapat pula beberapa kursi di luar ruangan atau outdoor.

Yang menjadi salah satu ciri khas dari warung kopi Ramonez adalah hampir tiap saat selalu ramai dikunjungi. Salah satu indikatornya adalah tempat parkir. Parkir yang disediakan disini sebenarnya tidak terlalu sempit, namun hampir selalu penuh. Puluhan sepeda motor selalu ada di tempat parkir warung kopi Ramonez tiap saat. Hal ini menandakan bahwa kedai kopi ini selalu ramai dan tidak pernah sepi pengunjung.

Satu hal yang cukup unik dari tempat ini adalah tidak adanya fasilitas Wi-Fi. Di saat hampir semua warung kopi masa kini pasti memasang fasilitas Wi-Fi, kenapa warung kopi Ramonez malah tidak menyediakan fasilitas tersebut? Padahal kita tahu bahwa konektivitas internet seakan sudah menjadi kebutuhan pokok yang selalu dibutuhkan. Kebijakan tanpa fasilitas Wi-Fi pun tetap diterapkan oleh pemilik warung kopi. Hal ini masih ditambah hanya ada beberapa colokan saja yang disediakan di spot spot tertentu. Alasannya mungkin agar pengunjung disini bisa saling berinteraksi dan mengobrol satu sama lain tapa harus terpaku pada gadget dan perangkat teknologi masing-masing.

Nyatanya tanpa ada Wi-Fi, warung kopi Ramonez tetap tidak kehilangan pelanggan karena juga ada keunggulan keunggulan lain yang disediakan di Ramonez. Di tempat ini juga ada fasilitas TV yang bisa digunakan untuk tempat nobar. Tempat ini pun akan menjadi semakin ramai saat ada pertandingan sepakbola yang digemari.

Hal unik lain yang ada di kedai Ramonez adalah menu yang disediakan. Memang masih ada beberapa menu standar layaknya tempat ngopi lain. Ada juga jajanan pasar seperti gorengan atau roti yang dijual disini dan tak ketinggalan beberapa nasi bungkus juga disediakan. Namun ada menu spesial khusus yang disediakan pemilik warung dengan singkatan nama. Misalnya, ada menu Kopassus, singkatan dari kopi pakek susu. Lalu juga ada Nampit, yaitu ngopi tambah jahe emprit dan masih banyak menu singkatan yang lain.

Nama nama menu yang unik tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri yang ada di warung ini. Selain itu tempat ini juga terkenal dengan kopi racikannya yang mantap dan menjadi favorit banyak pelanggan. Harga yang ditetapkan juga terhitung cukup murah dan tidak memberatkan ongkos mahasiswa. Warung ini juga menetapkan sistem langsung bayar, dimana setelah pesan kita harus langsung bayar.

Tempat ini kerap menjadi tongkrongan mahasiswa. Selain itu banyak komunitas komunitas di Surabaya yang nongkrong disini. Apalagi warung kopi Ramonez ini buka selama 24 jam sehingga kita bisa hangout ke tempat ini kapan saja. Desain interior yang ada disini juga ditata sedemikian rupa dengan sejumlah artwork yang berganti-ganti tiap harinya. Fakta ini masih ditambah dengan pelayanan yang ramah dari para penjaga warung kopi Ramonez.

Maka dari itu, bisa dibilang jika warung kopi Ramonez ini menjadi salah satu tempat ngopi paling hits dan paling terkenal di Surabaya, khususnya di daerah dekat kampus UNAIR B. Tempat ini juga hampir selalu ramai tiap saat dan dipenuhi banyak pengunjung. Warung kopi Ramonez ini pun cocok menjadi tempat nongkrong yang enak terutama bagi kalangan mahasiswa.

Review Warung Kopi Ramonez


  • Nama: Warung kopi Ramonez
  • Alamat : Jalan Raya Menur No. 22, Airlangga, Gubeng, Surabaya 
  • Jam buka : pagi-malam (24 jam)
  • Wi-Fi : Tidak ada
  • TV : Ada
  • Tempat duduk : Kursi
  • Kamar mandi : Ada
  • Rating : 3,5/5

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon