Warung Gus Dur, Tempat Nongkrong Unik di Atas Sungai

Adakalanya jika suatu saat kita harus memanfaatkan lahan seadanya untuk digunakan sebagai tempat usaha semaksimal mungkin. Salah satu contohnya adalah di warung kopi Gus Dur ini. Warung kopi Gus Dur ini memanfaatkan lahan kecil di depan rumah untuk kemudian ditambah dengan area di atas sungai di depan rumah. Alhasil, tempat ngopi ini menjadi cukup besar dan kini bisa dibilang hampir selalu ramai tiap saat terutama saat malam hari. Banyak keunggulan yang bisa ditemui di kedai kopi ini. Masih belum jelas kenapa nama Gus Dur dipilih sebagai nama warung ini, apakah itu adalah nama dari pemilik atau kerabat sang pemilik, atau mungkin malah merujuk pada nama presiden Indonesia keempat, Abdurrahman Wachid alias Gus Dur? Mungkin alasan penamaan tidak begitu penting.

Lokasi warung kopi Gus Dur ini tepatnya berada di Jalan Kalijudan, Mulyorejo, Surabaya. Jika dari jalan Airlangga di sekitar daerah kampus UNAIR C menuju ke arah jalan Kenjeran, maka di perempatan terakhir kita akan belok kiri untuk bisa menemui lokasi kedai kopi Gus Dur ini. Area sekitar tempat ini berada memang bisa dibilang banyak ditemui warung kopi. Sedikitnya terdapat lima warung kopi lain yang ada dalam radius tak kurang dari 500 meter saja. Dengan jumlah kompetitor yang banyak, tentu warung kopi Gus Dur harus memiliki sesuatu yang berbeda agar tempat ini menjadi banyak dikunjungi.

Suasana di Warung Gus Dur
Suasana Saat Ngopi di Warung Gus Dur

Luas area warung kopi Gus Dur pun terbilang cukup luas. Dengan lahan seadanya, pemilik warung ternyata memiliki ide lain untuk memperluas lahan. Maksud hati ingin membangun warung kopi di halaman rumah, namun karena areanya terlalu kecil, maka sang pemilik kemudian menambahkan area di atas sungai yang memisahkan rumahnya dengan jalan di depannya. Kini luas area warung kopi Gus Dur menjadi lebih besar dan mampu menampung puluhan pembeli. Area parkir pun disediakan di pinggir jalan, meski tidak bisa menampung banyak sepeda motor sekaligus.

Apa yang menjadi keunggulan di warung ini antara lain adalah Wi-Fi dan colokan. Di Gus Dur, terdapat colokan di tiap meja yang ada, baik tempat duduk di pojok maupun di tengah. Untuk menghubungkan kabel colokan yang mengurai agar bisa ke tengah, pemilik warung kopi sengaja menghubungkannya lewat atas. Maka tak heran di sini terlihat pemandangan kabel colokan yang menggantung di meja meja bagian tengah. Tiap pengunjung yang nongkrong disini pun bisa memiliki akses colokan listrik kapan pun.

Satu lagi yang diunggulkan di warung Gus Dur adalah fasilitas Wi-Fi yang ada. Di sini terdapat dua koneksi Wi-Fi sekaligus yang bisa digunakan. Hal ini dilakukan untuk mencegah jika salah satu koneksi bermasalah. Kecepatan koneksi internet di sini juga cukup cepat dan sangat cocok digunakan untuk nongkrong dan mengerjakan tugas. Ada juga TV yang tersedia. Saat akhir pekan, warung Gus Dur pun sering jadi tempat nonton bareng pertandingan sepakbola seru.

Di warung Gus Dur ini, para pengunjung juga disuguhkan banyak menu. Selain kopi dan minuman biasanya, juga terdapat banyak jajanan dan gorengan untuk cemilan. Saat malam hari, juga terdapat dua penjual makanan disini. Yang pertama yaitu tukang nasi goreng yang berjualan di depan warung saat malam, yang menjual nasi goreng Jawa dan mi goreng. Yang kedua adalah warung penyetan mini yang ada di depan warung kopi Gus Dur. Warung penyetan ini bernama warung Ndukur Kali, merujuk pada lokasinya yang berada di atas kali atau sungai. Kita bisa memesan nasi goreng atau nasi penyet dan minumannya bisa pesan di warung Gus Dur. Kedua penjual makanan tersebut memang sudah bekerjasama untuk menyewa lahan di warung kopi Gus Dur ini. Bentuk kerjasama antara warung kopi dan warung makan seperti ini memang makin sering ditemui di Surabaya karena menguntungkan kedua pihak.

So dengan sejumlah fasilitas dan sarana yang cukup lengkap, rasa rasanya warung kopi Gus Dur ini bisa menjadi pilihan tempat ngopi yang asik. Selain lokasinya yang ada di atas sungai, suasana ngopi disini juga terbilang cukup unik. Dengan adanya fasilitas seperti colokan lengkap dan Wi-Fi cepat serta tambahan adanya warung makan saat malam hari, kedai kopi Gus Dur menjadi salah satu warung kopi di Surabaya yang layak dicoba untuk tempat nongkrong.

Review Warung Kopi Gus Dur


  • Nama: Warung kopi Gus Dur
  • Alamat : Jalan Kalijudan, Mulyorejo, Surabaya
  • Jam buka : pagi-malam
  • Wi-Fi : Ada
  • TV : Ada
  • Tempat duduk : Kursi
  • Kamar mandi : Ada
  • Rating : 3,5/5

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon