Sahabat Java, Kedai Kopi dengan Nuansa Klasik

Sahabat Java merupakan nama warung kopi yang berada di daerah Banyu Urip, Surabaya. Secara spesifisik, kedai Sahabat Java ini berlokasi di Jalan Banyu Urip No. 34, kecamatan Sawahan, kota Surabaya. Warung Sahabat Java ini lokasinya cukup berdekatan dengan sekolah SMK Antartika, Sawahan. Jika dari Jalan Girilaya tinggal belok ke kiri ke arah Jalan Banyu Urip. Sedangkan jika dari Jalan Pandegiling, tinggal lurus ke arah lampu merah menuju ke Jalan Banyu Urip. Posisi dari warung kopi Sahabat Java ini ada di kiri jalan Banyu Urip tersebut.

Warung kopi Sahabat Java menjadi salah satu tempat ngopi paling favorit di sepanjang jalan Banyu Urip. Sekedar informasi, jalan Banyu Urip menjadi salah satu kawasan yang cukup ramai di kota Surabaya. Di sebelah kiri jalan Banyu Urip ini dipenuhi dengan puluhan warung kopi yang berjajar sepanjang jalan hingga ujung jalan. Tentu tiap warung kopi yang ada di Banyu Urip ini juga memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing dan bisa dibilang terdapat persaingan di antara tiap warung kopi karena letaknya yang berdekatan.

Kedai Kopi Sahabat Java
Kedai Kopi Sahabat Java di Surabaya

Namun di antara banyaknya warung kopi yang ada di Jalan Banyu Urip, bisa dibilang jika warung kopi Sahabat Java adalah yang paling ramai dan paling banyak dikunjungi, terutama saat malam hari. Ya, saat malam hari, tempat ini memang selalu penuh akan pengunjung. Tempat parkir yang ada di Sahabat Java juga termasuk cukup luas dan saat malam selalu dipenuhi dengan puluhan sepeda motor yang parkir berjajar. Hal ini tentu menandakan banyaknya pengunjung yang datang dan nongkrong di kedai Sahabat Java saat malam tiba.

Apa yang sebenarnya menjadi keunggulan warung kopi Sahabat Java ini hingga menjadi salah satu tempat ngopi paling ramai di daerah Banyu Urip? Salah satu hal yang paling mencolok dan pertama kali dilihat di Sahabat Java adalah dekorasi interior ruangan. Pemilik sengaja mengusung nuansa desain klasik di ruangan warung kopi ini. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan kayu bambu yang digunakan untuk interior dinding. Desain dinding ruangan yang terbuat dari bambu tentu termasuk hal yang unik jika dibandingkan dengan warung kopi lain yang sejenis.

Nuansa klasik juga bisa dilihat dari interior langit-langit yang juga menggunakan bambu. Meja dan kursi yang digunakan juga masih tradisional. Memang dekorasi ruangan yang dipilih terkesan seadanya dan agak tidak beraturan. Namun hal itu lah yang kemudian memunculkan kesan klasik dari warung kopi Sahabat Java ini. Nyatanya pengunjung justru menyukai dekorasi ruangan yang dipilih dan hal tersebut malah menjadi ciri khas utama dari warung kopi ini.

Selain dekorasi ruang, Sahabat Java juga menyediakan sejumlah menu andalan. Banyak pengunjung yang merekomendasikan kopi hitam disini karena racikannya yang pas dan juga mantap. Kedai Sahabat Java tentu juga menyediakan minuman lain selain kopi seperti teh alami dan susu dari berbagai varian merk. Ada juga beberapa jajanan yang dijual di kedai Sahabat Java ini.

Fasilitas Wi-Fi juga ada di Sahabat Java. Konektivitas dan kecepatan internet disini juga terbilang stabil. Di warung kopi ini juga sering diputar berbagai lagu lagu dangdut Indonesia pilihan. Pemilik memutar lagu lagu dangdut, baik lagu dangdut koplo atau pun aransemen yang memang banyak digemari. Sesekali musik yang diputar juga berganti genre, seperti lagu pop atau lagu rock. Adanya fasilitas full music ini tentu menjadi hiburan bagi pengunjung yang datang ke sini. Suasana ngopi menjadi tidak sepi karena diiringi dengan musik dan lagu lagu pilihan yang meramaikan suasana.

Ruangan yang tersedia di kedai Sahabat Java ini juga cukup luas. Terdapat beberapa meja kecil dan meja panjang yang ada. Kira-kira total kapasitas dari warung kopi ini bisa mencapai hingga 50 orang. Di meja yang berada dekat dengan tembok terdapat fasilitas colokan listrik, namun untuk meja yang berada di tengah-tengah ruangan tidak terjangkau dari fasilitas colokan listrik tersebut.

Tentu dari pembahasan di atas bisa diketahui alasan mengapa warung kopi Sahabat Java selalu ramai dikunjungi. Warung kopi ini memang cocok dijadikan tempat nongkrong bersama teman-teman. Selain karena tempatnya yang enak dengan dekorasi ruangan yang unik, fasilitas yang disediakan juga cukup komplit, seperti adanya Wi-Fi, full musik, parkir luas dan tempat yang juga luas. Tak ada salahnya sekali-kali mencoba ngopi di kedai kopi Sahabat Java ini.

Review Warung Kopi Sahabat Java


  • Nama: Warung kopi Sahabat Java
  • Alamat : Jalan Banyu Urip No. 34, Sawahan, Surabaya
  • Jam buka : pagi-malam (24 jam)
  • Wi-Fi : Ada
  • TV : Ada
  • Tempat duduk : Kursi
  • Kamar mandi : Tidak ada
  • Rating : 3,5/5

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon