8 Menu Makanan Yang Biasa Dijual di Warung Kopi

Jika anda berkunjung ke sebuah warung kopi, maka akan bisa memesan dan menikmati beragam minuman yang disediakan. Hal tersebut sudah biasa karena memang kedai warung kopi jelas memfokuskan pada berjualan aneka macam minuman selain kopi hitam yang menjadi sajian utama tentunya. Namun seperti yang telah dibahas pada artikel artikel sebelumnya pada blog ini, kini warung kopi sudah mulai melengkapi menunya dengan aneka ragam makanan yang cukup komplit.

Setiap warung kopi tentu dibagi dalam kelas yang berbeda beda. Ada warung kopi biasa yang biasa dijumpai dipinggir jalan hingga warung kopi dengan menyewa sebuah tempat atau bangunan. Dari kelasnya saja bisa disimpulkan bahwa menu makanan yang disediakan jelas berbeda. Meski begitu jika kita amati dan perhatikan lebih dalam lagi, maka kita akan menjumpai jenis makanan yang bisa kita temui di dua kelas warung kopi yang saya sebutkan diatas.

Artinya adalah, makanan tersebut sangat umum dan seolah menjadi ciri khas sebuah warung kopi. Rasanya kurang pas jika kedai kopi tidak menyediakan menu makanan ini. Syarat utamanya, makanan tersebut haruslah terjangkau harganya dan digemari semua kalangan. Untuk kategorinya sendiri dibagi dua, yaitu makanan berat dan ringan. Makanan berat untuk mengisi perut yang lapar tentunya, sedangkan makanan ringan sebagai cemilan dan pendamping saat menikmati minuman yang kita pesan. Dan untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar menu makanan yang sering dijumpai dan biasa dijual di berbagai warung kopi.

Kentang Goreng dan Sosis
Kentang Goreng Yang Biasa Dijual di Warung Kopi

1. Mie Goreng

Yang pertama ada menu mie goreng. Apapun model warungnya saya yakin selalu menyediakan menu ini. Mulai dari warung biasa hingga kelas atas selalu menyediakan mie goreng sebagai menu makanan utamanya. Bedanya mungkin jika warung pinggir jalan menggunakan jenis mie instan dengan berbagai merk, sedangkan warung ala kafe menggunakan mie dengan resep bikinan sendiri. untuk variasi penyajian biasanya ditambah dengan telur dan sayur sebagai pelengkapnya. kita hanya perlu menambah biaya sekitar tiga ribuan saja. Secara umum menu ini menjadi solusi favorit untuk menahan lapar saat sedang ngopi. Apalagi harganya cukup terjangkau di kantong.

2. Nasi Bungkus

Lalu ada nasi bungkus yang juga menjadi salah satu sajian wajib yang biasanya ada di warung kopi. Nasi bungkus setiap warung jelas berbeda beda, namun secara garis besar biasanya selalu menggunakan lauk ayam, telur, tahu dan tempe ditambah dengan sambal. Bagi kedai kopi pinggir jalan, menu nasi bungkus wajib hukumnya karena sangat diminati dan memang menyasar kalangan menengah ke bawah. Perut pun kenyang tanpa harus menguras kantong. Harga yang dipatok biasanya sekitar lima ribuan saja.
Baca : Aneka Jajan dan Nasi Bungkus di Warkop SPR
3. Kentang Goreng

Kentang goreng jarang ditemui pada warung kopi pinggir jalan dengan tampilan seadanya. Namun saat anda berkunjung ke warung dengan desain dan tata letak yang modern, maka kentang goreng menjadi makanan andalan sambil menyeruput minuman yang dipesan. Tak perlu menunggu lapar untuk memesan sepiring kentang goreng karena memang fungsi utamanya bukan untuk mengganjal perut, namun lebih sebagai cemilan menemani saat bersantai di warung. Tak heran jika biasanya kentang goreng menjadi makanan paling sering dipesan. Penyajiannya adalah dengan ditambah saus sambal atau saus tomat sebagai pelengkap. Harganya mungkin dikisaran tujuh ribu hingga sepuluh ribuan.

4. Olahan Berbahan Roti

Selanjutnya ada makanan yang terbuat dari bahan roti. Olahan roti ini seolah sepaket dengan menu kentang goreng. Baik roti maupun kentang goreng dijual pada kelas warung kopI yang sama. Dimana ada kentang goreng, bisa dipastikan di pemilik warung juga menyediakan olahan berbahan roti. Contoh olahan roti yang paling umum adalah roti bakar dengan berbagai varian rasa seperti keju, coklat dan lain sebagainya. Sering juga dicampur dengan bahan lain seperti pisang misalnya. harganya juga relatif terjangkau biasanya sekitar lima ribu hingga sepuluh ribu rupiah.

5. Aneka Gorengan

Gorengan adalah salah satu makanan favorit masyarakat dari berbagai kalangan. Tak heran jika makanan ini sangat muda ditemui termasuk di kedai warung kopi. Bahkan sudah sejak bertahun tahun yang lalu gorengan selalu setiap ada di banyak kedai kopi. Hingga di era dimana olahan makanan mulai beragam pun, gorengan tetap eksis dan mudah dijumpai. Beberapa jenis gorengan yang cukup populer seperti ote-ote / bakwan, lumpiah, tahu berontak, tahu isi dan gimbal tempe. Biasanya gorengan dipajang berjejer di meja utama warung, sehingga sangat menggoda untuk mencicipinya. Harga yang murah sekitar seribu rupiah saja menjadikan pengunjung tak tahan untuk tidak mengambil dan menyantapnya.

6. Aneka Keripik

Khusus untuk keripik malah sangat mudah dijumpai dan hampir selalu ada di warung kopi. Letaknya biasa digantung, jika kita ingin membeli cukup mencabutnya dan nanti ditotal pada saat akhir pembayaran. Beberapa contoh keripik yang umum seperti keripik pisang, keripik singkong, keripik pedas dan keripik dengan rasa asin. Harganya ada di kisaran lima ratus hingga seribu rupiah saja. Mungkin karena murah dan membuat ketagihan sampai sampai terkadang kita tidak sadar tiba tiba sudah habis banyak.

7. Aneka Kacang

Sama seperti keripik, aneka jenis kacang juga selalu disediakan pemilik warung. Cara peletakannya pun sama seperti keripik yaitu dengan cara digantung. Biasanya dijadikan satu dan dicampur antara aneka keripik dengan kacang kacangan. Tinggal cabut dan bayar di akhir saat akan pulang. Jenis kacang yang sering dijumpai seperi kacang telur, kacang kulit dan kacang goreng. Harganya ada dikisaran lima ratus hingga seribu rupiah sama seperti keripik.

8. Nasi Goreng

Kalau yang ini memang cukup jarang dijumpai, namun tetap ada beberapa warung yang menyediakannya. Biasanya warung kopi ala kafe yang sedia nasi goreng sebagai salah satu menunya. Bagi mereka yang benar benar lapar dan ingin makan yang agak berat maka nasi goreng menjadi pilihan. Dan untuk jenis makanan berat yang ada di warung kopi, maka nasi goreng lah yang paling memungkinkan ditemui. Tentu akan lucu jika kita menjumpai nasi pecel, rawon atau lodeh misalnya di kedai warung kopi. Tentu orang akan bertanya ini warung kopi atau warung makan. Untuk harganya mungkin ada dikisaran sepuluh ribu hingga lima belas ribu rupiah. Tergantung bagaimana nasi goreng tersebut diolah.

Untuk sementara itu dulu aneka makanan yang sering dijual di kedai warung kopi. Saya yakin daftar makanan tersebut sering menemani anda saat sedang bersantai sambil ngopi. Jika ada menu yang dirasa kurang, silahkan tambahkan pada komentar dibawah. sekian dan terima kasih telah menyimak.

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon