7 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan di Warung Kopi

Bagi anda yang sering berkunjung ke tempat tempat umum harus mengerti bahwa ada etika yang harus diperhatikan. Hal ini karena kita akan berinteraksi dengan orang banyak sehingga etika, tata krama dan sopan santun haruslah dijaga sedemikian rupa. Dan seperti yang tertera pada judul artikel, semua ini juga berlaku saat kita berkunjung ke kedai warung kopi. Warung kopi memang tempat berkumpul dan nongkrong yang kebanyakan pengunjungnya adalah anak muda dimana terkadang etika kurang menjadi perhatian utama bagi mereka. Akibatnya adalah pemilik warung dan pengunjung lainnya mungkin saja terganggu.

Memang pada umumnya warung kopi atau kafe adalah tempat untuk menghabiskan waktu dan seru seruan bagi banyak kalangan. Sangat wajar jika ada beberapa hal hal yang sedikit berlebihan yang tidak kita jumpai ketika sedang tidak di warung kopi. Namun ada batasan dan hal hal tertentu yang sebaiknya tidak anda lakukan saat sedang ngopi.

Warung Kopi
Warung Kopi

Kita tentu harus mengetahui bahwa hak yang kita miliki juga dibatasi oleh hak orang lain. Jadi lakukan apa saja di kedai kopi selama itu tidak mengganggu hak yang lainnya. Nah, kira kira apa saja hal terlarang yang sebaiknya dihindari. Berikut ini 7 hal yang sebaiknya tidak anda lakukan saat sedang berada di warung kopi.

1. Tidur

Kita tentu sering melihat pengunjung warung kopi sedang tertidur pulas. Meski sebenarnya tidak mengapa, namun hal ini sebaiknya tidak dilakukan. Apalagi terkadang ada yang tidur hingga berselonjor kaki dan memakan tempat. Bagus jika anda bisa tidur dengan posisi duduk yang wajar dan tidak memakan tempat. Tentu tujuan kedai kopi adalah tempat nongkrong sambil menikmati makanan dan minuman, bukan tempat untuk tidur. Masalah ini biasanya tergantung pemilik dan penjaga kedai kopi tersebut. Ada yang membolehkannya, namun tak jarang yang langsung menegur mereka yang tidur. Bahkan tak jarang ditemui di beberapa warung kopi tulisan di dinding dindingnya yang bertuliskan "Dilarang Tidur".

2. Berkata Keras dan Tidak Sopan

Selanjutnya adalah berkata keras dan mengeluarkan kata kata yang kasar dan kurang sopan. Warung kopi memang tempat nongkrong dan berkumpul bersama teman teman kita. Tentu saja mengobrol menjadi aktivitas utamanya. Namun jangan lupa untuk tetap menjaga sopan santun dan etika. Hal ini terkadang tidak dianggap penting terutama bagi pengunjung yang datang rame rame. Mereka lupa bahwa warung kopi adalah tempat umum dimana kenyamanan semua pengunjung juga harus dihargai. Jadi hindari untuk berbicara terlalu keras dan jangan sekali kali mengeluarkan kata kata kotor dan tidak pantas seperti umpatan dan lain sebagainya. Hal ini akan mengganggu pengunjung lainnya. Mengobrol lah dengan batas wajar dan tetap jaga sopan santun dimanapun anda berada termasuk saat di warung kopi.
Baca : Ngopi Dengan Sopan Santun di Warkop Jibril
3. Terlalu Lama di Warung Kopi

Pengunjung adalah raja. Itu adalah kata kata andalan pengunjung yang sering diungkapkan. Meski begitu bukan berarti anda memesan satu gelas kopi lalu nongkrong dari pagi sampai malam sambil tiduran misalnya. Pemilik kedai kopi tentu gigit jari. So, hindari untuk duduk di warung kopi dengan waktu yang terlampau lama. Jikapun harus lama karena berbagai alasan, maka imbangilah dengan memesan beberapa minuman dan makanan tambahan. Hal ini memang tidak wajib, namun lebih kepada sebuah etika dan tata krama agar kita lebih nyaman dan pemilik warung pun segan. Dengan begitu kedua belah pihak sama sama dihargai. Kembali lagi, ini masalah etika.

4. Tidak Memesan

Hal ini cukup sering ditemui, terkadang ada yang datang ke warung kopi bertiga misalnya, namun yang memesan hanya dua orang saja dan sisanya tidak memesan. Hal ini tidak masalah sebenarnya, namun sebaiknya tidak dilakukan. Pesanlah minuman apa saja sebagai syarat anda nongkrong dan menikmati berbagai fasilitas di warung tersebut.

5. Menguasai Tempat Duduk

Ini juga sering di temui di warung kopi. Terkadang ada dua orang pengunjung yang datang namun menghabiskan banyak tepat duduk hingga beberapa kursi terpakai. Contohnya saat ada pengunjung yang berselonjor kaki, lalu meletakkan tas dan barangnya pada kursi tersendiri hingga hal hal lain yang menghabiskan tempat secara berlebihan. Hal ini sebaiknya dihindari apalagi saat warung kopi sedang ramai pengunjung. Satu kursi dan tempat duduk bisa sangat berharga bagi yang akan datang berkunjung.

6. Menyisakan Minuman

Kalau yang satu ini sebenarnya terserah anda juga. Mau dihabiskan atau tidak ini juga minuman yang anda pesan dan milik anda serta menjadi hak anda. Namun alangkah baiknya jika anda menghabiskan setiap minuman dan makanan yang anda pesan. Saya yakin pemilik kedai pun akan lebih senang jika apa yang mereka sajikan dihabiskan oleh anda sebagai pengunjung. Lagi pula menyisakan makanan itu tidak baik, mubazir saudara saudara. Menghabiskan makanan dan minuman itu bukan rakus, tapi justru menghargai makanan itu sendiri. Malah yang tidak dihabiskan itu justru yang tidak menghargai makanan. Jadi jangan sok menyisakan makanan dan minuman yah.

7. Meninggalkan Sampah Berlebihan

Selanjutnya usahakan untuk tidka meninggalkan sampah berlebihan. Hal ini sangat sering sekali kita jumpai di warung kopi. Terkadang saat meninggalkan warung maka sisa sampahnya begitu banyak mulai dari bungkus makanan ringan yang berserakan, minuman yang tumpah dan lain sebagainya. Jika masih dalam batas wajar sih boleh boleh saja karena itu juga menjadi tanggung jawab pemilik warung membersihkan dan membereskannya. Namun yang terpenting jangan berlebihan, ingat kebersihan itu sebagian dari iman. Jadi selalu jaga kebersihan dimanapun anda berada.

Kira kira itulah hal hal yang sebaiknya tidak dilakukan dan dihindari saat berkunjung ke warung kopi. Dengan begitu maka anda layak dianggap sebagai pengunjung yang baik dan menjaga etika. Anda tetap bisa santai sambil ngopi tanpa mengganggu yang lain dan tetap menjaga hak hak pengunjung dan pemilik warung itu sendiri. Terima kasih sudah menyimak informasi kali ini.

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon