Macam-Macam Kopi Nusantara yang Sering Ditemui di Warung Kopi

Kopi menjadi salah satu minuman paling digemari di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya warung kopi yang ada di kota-kota di Indonesia. Kita sering menemui kedai kopi di pinggir jalan yang selalu ramai pengunjung, dan bahkan banyak juga yang buka 24 jam.

Indonesia juga dikenal memiliki banyak aneka jenis kopi, yang kadang dikenal dengan istilah kopi nusantara. Kopi nusantara ini berasal dari berbagai penjuru daerah di Indonesia, dari ujung barat sampai ujung timur. Kopi-kopi nusantara juga sudah terkenal ke seluruh dunia.

Banyaknya jenis kopi nusantara ini diakibatkan karena letak geografis Indonesia sehingga banyak area perkebunan kopi yang bagus. Selain itu struktur tanah yang baik menjadi tempat yang pas tumbuhnya varietas biji-biji kopi yang berkualitas.

Macam-Macam Kopi Nusantara

Jenis-Jenis Kopi Nusantara


Di antara semua macam-macam kopi nusantara, ada beberapa jenis kopi yang paling populer. Kopi-kopi nusantara populer ini sering juga dijual di berbagai kafe dan kedai kopi yang ada di kota Surabaya. Tentu tidak semua warung kopi di Surabaya menyediakannya, namun tak sedikit yang menyediakan variasi jenis kopi nusantara dengan lengkap.

Kopi Gayo

Kopi gayo menjadi salah satu kopi nusantara paling populer. Jenis kopi ini berasal dari provinsi Aceh. Budidaya kopi gayo dilakukan di daerah Aceh Tengah, tepatnya di dataran tinggi gayo, sehingga namanya dikenal sebagai kopi gayo.

Kopi Aceh gayo begitu digemari, bahkan sampai ke seluruh dunia. Aroma kopi gayo memang begitu unik dan khas dibanding varietas kopi lainnya. Di beberapa kafe di Surabaya juga menyediakan jenis kopi gayo ini.

Kopi Toraja

Kopi toraja juga menjadi kopi nusantara yang sangat diminati. Jenis kopi ini berasal dari daerah pegunungan Toraja di provinsi Sulawesi Selatan. Wilayah geografis yang pas membuat varietas kopi toraja memiliki kualitas bagus.

Aroma kopi toraja memang sangat khas dan cukup kuat, dengan kandungan asam yang relatif rendah. Di Surabaya, kita juga bisa menikmati kopi toraja ini di beberapa kedai kopi unggulan. Bahkan kopi toraja juga sudah diekspor ke luar negeri.

Kopi Flores

Jenis kopi nusantara lain yang populer adalah kopi flores bajawa. Jenis kopi arabika ini berasal dari daerah Bajawa, Flores di provinsi Nusa Tenggara Timur. Letaknya yang dekat dengan daerah vulkanik menghasilkan biji kopi yang berkualitas.

Ciri khasnya adalah memiliki rasa dominan cokelat dan vanili. Jenis kopi flores bajawa sudah terkenal di seluruh dunia. Warga kota Surabaya bisa mencicipinya di kafe dan warung kopi unggulan di Surabaya.

Kopi Kintamani

Bali tidak hanya dikenal sebagai tempat pariwisata saja, tapi juga sebagai daerah penghasil kopi berkualitas. Kopi kintamani bali menjadi produk kopi unggulan yang berasal dari dataran Kintamani di pulau Bali.

Kopi kintamani bali ini memiliki aroma khas yang unik, dengan campuran cita rasa buah. Hal ini membuat kopi jenis ini banyak diminati karena aromanya yang segar. Jika mampir di kedai kopi nusantara di Surabaya, bisa mencoba memesan kopi kintamani ini.

Kopi Wamena

Ujung timur Indonesia juga mampu menghasilkan produk kopi unggulan terkenal. Kopi wamena ini berasal dari daerah Wamena di Papua. Produksi kopi ini pun cukup langka karena kendala akses transportasi, sehingga kopi wamena banyak dicari oleh para penikmat kopi.

Jenis kopi wamena papua ini dikenal memiliki ciri khas cita rasa yang ringan serta tidak meninggalkan ampas. Kopi wamena menjadi komoditas kopi yang banyak dicari, dan jika beruntung kita bisa membelinya di beberapa warung kopi di Surabaya juga.

Selain 5 jenis kopi nusantara di atas, juga ada macam-macam kopi nusantara lain seperti kopi jawa, kopi liberika, kopi mandailing, kopi temanggung, kopi sidikalang, dan sebagainya.

Sekaresmi Mustika

Sekaresmi Mustika

Seorang Pecinta Alam dan Hobi Traveling. Menulis dan Berbagi segala Hal yang Diketahui.


EmoticonEmoticon