Penyebab Warung Kopi Selalu Ramai Pengunjung

Warung kopi atau biasa disingkat warkop saat ini menjadi salah satu primadona dan menjadi tujuan utama kaula muda. padahal beberapa tahun lalu warung kopi tidak lah sepopuler saat ini, dimana pengunjungnya tidaklah banyak dan bakan hanya bapak bapak usia lanjut saja yang datang berkunjung. namun lain dulu lain pula sekarang. kini warung kopi berevolusi menjadi sebuah tempat tongkrongan yang menarik dikunjungi semua kalangan dari berbagai rentang usia mulai dari yang muda hingga tua.

Sebenarnya apa penyebab utamanya? tentu saja fasilitas warkop sendiri yang dari tahun ke tahun semakin berkembang. desain dan penataannya pun tidak sekumuh dahulu. jika dahulu warung kopi terkesan sangat suram, kotor dan sempit. kini model dan desainnya pun sudah ala kafe dengan penataan meja dan kursi yang bermacam - macam. setiap warung kopi pun saling bersaing dalam mendesain interiornya sehingga makin diminati kaum remaja.

Menu yang disajikan juga melebar kemana mana, jika dulu hanya kopi dan teh saja sebagai sajian utamanya, kini anda cari minuman dan makanan apa saja seolah sudah disediakan oleh pemilik warung. di kota Surabaya sendiri, warung sudah seperti kebutuhan wajib bagi masyarakatnya. bahkan berjejer daling berdampingan. hebatnya semuanya ramai pengunjung dan tidak ada yang sepi.

Dan sesuai judulnya, kira kira apa sih penyebab warung kopi semakin diminati dan selalu ramai pengunjung. secara garis besarnya, semua tidak bisa dilepaskan dari kemajuan teknologi dimana smartphone manjadi bagian penting dari kehidupan seseorang. Akibatnya adalah, masyarakat memilih bergelut dengan sosial media sepanjang waktunya. Dan tempat yang cocok untuk santai sambil berseluncur di dunia maya salah satunya adalah warung kopi. Untuk lebih jelasnya berikut ini faktor - faktornya.


Warung Kopi Penuh Pengunjung
Salah Satu Warung Kopi yang Penuh Pengunjung

1. Wifi Gratis

Sudah jelas kalau wifi menjadi daya tarik utamanya. zaman sekarang ini, jangan coba coba membuka usaha warkop tanpa menyediakan fasilitas wifi didalamnya. saya jamin kebangkrutan akan menanti anda. bahkan warung pinggir jalan yang aak-acakan pun kini sudah dilengkapi wifi sebagai nilai tambahnya. dengan majunya teknologi, dimana setiap orang sudah menggunakan smartphone dan kecanduan internet. maka internet gratis adalah iming iming yang tidak bisa ditolak oleh siapapun. dan tentunya koneksinya harus cepat dan lancar sehingga pengunjung betah dan kembali berkunjung.

2. Tempat Nongkrong

Jika anda mau nongkrong bareng temen kira-kira mau dimana lagi kalau bukan di warung kopi. di kafe atau restoran juga bisa sebenarnya, namun itu hanya untuk kalangan tertentu dengan duit berlebih. bagaimana kalau nongkrong di taman atau tempat terbuka misalnya, yang ini pasti terkendala tidak adanya koneksi wifi dan sumber listrik bagi pecandu sosial media. mau nongkrong dengan duduk di kursi atau model lesehan semuanya ada. tinggal anda memilih warung kopi dengan desain dan penataan sesuai selera anda. jadi, warung kopi adalah pilihan terbaik bagi siapapun yang ingin menghabiskan waktu untuk nongkrong.

3. Bisa Ngecas Gadget

Yang ini tentu tidak kalah pentingnya dengan fasilitas wifi. salah satu pertimbangan pengunjung sebelum menentukan warung kopi adalah dengan melihat banyaknya jumlah stop kontak atau colokan yang disediakan untuk mengecas gadget baik smartphone atau laptop. makin banyak stop kontak maka makin ramai pengunjungnya. tak jarang ada yang datang hanya untuk mengisi daya baterai smartphonenya. kalau warung tersebut tidak menyediakan fasilitas ini sama sekali, jelas itu sebuah titik lemah dan salah satu penyebab warung tersebut berkurang peminatnya.
Baca : Daftar Warung Kopi dengan Banyak Colokan di Surabaya
4. Menu Semakin Lengkap

Beberapa tahun yang lalu jika kita memasuki warung kopi, maka menu yang tersedia mungkin hanya kopi hitam, teh dan beberapa minuman pendukungnya. namun kini warung kopi seolah menjelma sebagai sebuah tempat all in one dimana semua ada didalamnya. berbagai jenis minuman pun disediakan, makanan ringan hingga makanan berat juga ada. saking banyaknya sampai saya terkadang bingung ingin pesan apa. dengan begitu pangsa pasar warung kopi pun semakin meluas, tidak hanya dikunjungi oleh bapak-bapak seperti beberapa tahun silam.

5. Buka 24 Jam

Meski tidak semua, namun kini sudah mulai banyak kedai warung kopi yang membuka lapaknya 24 jam non stop. dan hebatnya, pada tengah malam dini hari pun warung mereka masih tetap ramai pengunjung. namun pada malam hari biasanya pengunjung tidak bertujuan untuk nongkrong bersama teman temannya. mereka yang tak tidur biasanya menghabiskan waktu mencari angin sambil berseluncur di dunia maya dengan memanfaatkan fasilitas wifi yang ada.
Baca : Daftar Warung Kopi yang Buka 24 Jam di Surabaya
Sebenarnya masih banya faktor yang mempengaruhi mengapa warung kopi kini semakin ramai. namun saya kira alasan-alasan diatas adalah yang paling menentukan. anda sendiri bagaimana? faktor apa yang menjadi pertimbangan anda ketika menentukan warung kopi mana yang akan dikunjungi? silahkan tulis dalam kolom komentar untuk didiskusikan.

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon