Menu Wajib yang Selalu Ada di Setiap Warung Kopi

Warung kopi dahulu dan sekarang jelas beda jauh. salah satu yang berkembang adalah sajian menunya yang lebih beragam. Bermacam macam jenis makanan dan minuman disediakan. Setiap warung kopi pun memiliki menu andalan tersendiri. namanya pun dibuat seunik mungkin untuk memikat hati pemesan. Saat kita memasuki warung kopi, hampir puluhan jenis minuman dan makanan menunggu untuk kita pilih. Proses memilih ini biasanya membutuhkan waktu cukup lama karena bingung ingin pesan apa.

Padahal dulu jika masuk warung kopi tidak ada yang namanya daftar menu layaknya restoran dan kafe kelas atas. Namun kini kelas warung kopi saja sudah tersedia puluhan menu yang cukup lengkap. Jangan dibayangkan hanya ada kopi dan sejenisnya saja, makanan dan minuman yang belum pernah anda coba pun terkadang disediakan. Ini salah satu bentuk transformasi warung kopi masa kini dimana setiap warung saling bersaing dan berlomba-lomba menjadi yang terbaik, salah satunya dengan memperbanyak menu.

Meski begitu ada beberapa menu yang bisa dipastikan selalu ada di setiap warung kopi. Mulai dari warung kopi pinggir jalan hingga warung kopi dalam bangunan pasti menyediakannya. Bisa dikatakan pula sebagai menu paling laris dan paling digemari pengunjung. Berikut daftarnya.

Segelas Kopi Hitam
Kopi Hitam

1. Kopi Hitam

Kalau yang ini sudah tentu wajib hukumnya. Namanya juga warung kopi, yaitu warung yang menyediakan kopi. Semua warung kopi menyediakan sajian kopi hitam ini, yang membedakan hanya cita rasa masing masing warung. Setiap warung kopi memiliki racikan andalannya untuk memikat minat pengunjung. Beda warung jelas beda rasa, ada yang sangat kental, namun tak jarang kopi yang disajikan sangat encer. Terkadang ada yang terlalu pahit, kadang terlalu manis. Bagi penggemar kopi sejati, maka wajib mempertimbangkan faktor ini sebelum mengunjungi sebuah warung kopi.
Baca : 4 Jenis Kopi Hitam yang Sering Ditemui di Warung Kopi
2. Teh

Selanjutnya ada teh yang bisa dikatan sebagai minuman paling umum dijumpai di hampir setiap tempat kuliner. Mulai restoran, kafe hingga warung kopi pasti menyediakan teh sebagai salah satu menu minumannya. Teh lebih besar pangsa peninatnya dibandingkan dengan kopi. terkadang kita menemukan orang yang tidak suka atau alergi denga kopi dengan berbagai alasan. Jika kopi memiliki beragam ciri khas dan cita rasa, teh dimana mana rasanya ya itu itu saja dan hampir sama setiap warungya. Kebanyakan mereka yang memesan teh alasan utamanya hanya sekedar untuk menghilangkan haus saja.

3. Mie Goreng

Selanjutnya ada mie goreng, Makanan pengganjal perut yang murah meriah. Jika anda nongkrong di warung terkadang rasa lapar menghampiri, maka saya yakin yang terbesit pertama kali di pikiran anda adalah mie goreng. Hampir semua warung menyediakan mie goreng, harga murah serta proses pembuatannya yang mudah dan instan menjadikannya menu wajib di kedai warung kopi. Bagi pengunjung khususnya mahasiwa dan anak muda, mie goreng cukup untuk mengatasi rasa lapar dan tentu saja harganya yang murah menjadi alasan utamanya. Beberapa varian mie instan berbagai merek pun bisa anda pilih, mulai dari mie goreng hingga mie kuah.

4. Kopi Susu

Bagi orang yang ingin meminum kopi tapi tidak suka dengan rasa kopi, Maka kopi susu menjadi solusinya. Alasan tidak suka pahit dan sejenisnya bisa diatasi dengan mencampur kopi dan susu menjadi satu. Jenis kopi susu mulai dari mencampur sendiri kedua bahan tersebut hingga kopi susu sashet jelas dengan mudah ditemui di setiap warung. Kopi susu adalah minuman paling tepat sebagai pengganti kopi hitam.

5. Susu

Minuman yang ini menjadi andalan bagi mereka yang mempertimbangkan faktor kesehatan. Jika yang sudah disebut diatas hanya nikmat rasanya dan sedikit manfaatnya, maka susu bisa dikatakan punya nilai lebih. Selain enak dan nikmat, ada manfaat lebih yang terkandung didalamnya. Orang yang tidak suka kopi hitam, biasanya akan memesan minuman sejenis susu sebagai pilihannya.

Mungkin masih ada lagi yang bisa ditambahkan dalam daftar menu wajib. namun saya kira ke lima daftar di atas hampir bisa dipastikan selalu ada di setiap warung kopi. Jika ada yang dirasa kurang, anda yang biasa mengunjungi warung kopi bisa menambahkan pada kolom komentar di bawah ini.

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon