Warung Cak Gendut, Tempat Ngopi di Perbatasan Surabaya-Sidoarjo

Surabaya merupakan kota yang sangat luas dan berbatasan dengan beberapa kota/kabupaten. Salah satu kota/kabupaten yang berbatasan langsung dengan Surabaya adalah Kabupaten Sidoarjo. Kedua kota ini memang berdekatan dan terkesan cukup identik. Terdapat banyak jalan perbatasan antara Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo, salah satunya di dekat Kecamatan Jambangan. Jambangan menjadi salah satu wilayah Surabaya yang paling ujung alias berbatasan langsung dengan kota tetangga, dalam hal ini adalah Kabupaten Sidoarjo.

Di Jambangan sendiri merupakan salah satu kawasan yang cukup padat penduduk. Selain itu juga terdapat banyak usaha warung kopi yang berdiri, terutama di sepanjang Jalan Raya Pagesangan, Kelurahan Pagesangan. Kita bisa melihat cukup banyak kedai kopi yang berdiri baik di kiri jalan atau kanan jalan. Selain itu juga ada beberapa warung makan lain. Banyaknya warung kopi yang ada disebabkan karena banyaknya penduduk berusia remaja di kawasan tersebut, didukung dengan lokasi yang memadai.

Warung Kopi Cak Gendut Surabaya
Suasana di Dalam Warung Kopi Cak Gendut

Salah satu warung kopi yang ada di kawasan Jambangan adalah warung kopi Cak Gendut. Secara geografis, kedai kopi ini berada di Jalan Raya Pagesangan No. 6, Kelurahan Pagesangan, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya. Warung kopi Cak Gendut ini cukup ramai dikunjungi pelanggan. Tempatnya memang tidak terlalu luas, namun tetap bisa menampung cukup banyak pelanggan yang datang. Tempat ngopi yang ada bisa di dalam ruangan atau di teras ruangan.

Hal menarik dari warung kopi Cak Gendut ini adalah letaknya yang dekat dengan perbatasan Surabaya dan Sidoarjo. Seperti diketahui bahwa kelurahan Pagesangan berbatasan langsung dengan daerah Kelurahan Sepanjang, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Jarak antara lokasi kedai kopi Cak Gendut dengan perbatasan Sepanjang, Sidoarjo pun hanya beberapa meter. Bahkan sekitar 20 meter sebelum menuju lokasi warung Cak Gendut terdapat sebuah tanda bertulisan ‘Masuk Kota Surabaya’, yang berarti sebelumnya kita masih berada di kawasan Sepanjang, Sidoarjo.

So bisa dibilang jika warung kopi Cak Gendut ini merupakan tempat nongkrong yang letaknya berada di wilayah perbatasan antara Pagesangan (Surabaya) dan Sepanjang (Sidoarjo). Pengunjung yang datang di Cak Gendut pun tentu tidak hanya dari Surabaya saja, namun juga ada penduduk kelurahan Sepanjang, Sidoarjo yang juga sering datang kesini. Jarak yang dekat tentu menjadi alasan utama. Apalagi memang tidak ada batas khusus antara kedua wilayah.

Lantas apa keunggulan yang ada di warung kopi Cak Gendut ini dibanding tempat ngopi lain yang berdekatan? Sudah dibahas sebelumnya jika tempat ini memang tidak terlalu luas. Meski begitu tetap cukup untuk beberapa pelanggan. Tempat parkir yang disediakan pun cukup untuk menampung lebih dari 10 sepeda motor. Desain interior ruangan dibuat dengan warna cerah dan gambar-gambar yang mencolok. Alasannya agar tempat ngopi ini menjadi lebih mudah diingat oleh pengunjung yang datang. Warung ini tetap ramai baik saat siang hari atau pun malam hari.

Kedai kopi ini juga menyediakan fasilitas internet Wi-Fi yang kini sudah menjadi kewajiban bagi suatu tempat nongkrong. Ada juga TV dengan layar besar yang diletakkan di dalam ruangan. Belum lagi adanya colokan di tiap meja sehingga pengunjung tak perlu khawatir jika ingin melakukan recharge hp atau laptop. Warung kopi Cak Gendut juga kerap memutar lagu lagu Indonesia dari berbagai genre yang diputar lewat salon dan pengeras suara. So, fasilitas full music bisa dinikmati sambil ngopi disini.

Menu yang disediakan di warung kopi Cak Gendut cukup komplit, dengan menu minuman standar masih jadi andalan. Selain itu banyak aneka makanan yang disediakan disini, mulai dari nasi bungkus, mi instan, aneka krupuk, aneka kacang, aneka gorengan, jajanan pasar hingga aneka buah-buahan seperti pisang juga dijual di kedai kopi ini dengan harga yang relatif terjangkau. Kita pun bisa ngopi dan nongkrong sambil menikmati salah satu makanan tersebut.

Secara umum, warung kopi Cak Gendut ini memang tidak jauh beda dengan tempat ngopi lain yang memang sudah modern. Dengan fasilitas yang memadai seperti Wi-Fi, TV dan colokan serta menu makanan yang cukup beragam, kedai kopi ini bisa jadi salah satu pilihan tempat ngopi dan nongkrong bersama teman-teman jika mampir di daerah Jambangan. Tempatnya yang dekat dengan perbatasan wilayah Sepanjang, kabupaten Sidoarjo juga membuat tempat ini kian ramai karena dikunjungi oleh pelanggan dari dua kota/kabupaten yaitu Surabaya dan Sidoarjo.

Review Warung Kopi Cak Gendut


  • Nama: Warung kopi Cak Gendut
  • Alamat : Jalan Raya Pagesangan No. 6, Pagesangan, Jambangan, Surabaya.
  • Jam buka : pagi - malam
  • Wi-Fi : Ada
  • TV : Ada
  • Tempat duduk : Kursi
  • Kamar mandi : Ada
  • Rating : 3,5/5

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon