Stasion Coffee, Tempat Ngopi dengan Menu Khas Kafe

Dewasa ini, kita bisa melihat banyak warung kopi atau kafe baru didirikan. Maraknya bisnis kedai kopi memang menjanjikan, mengingat anak muda kerap ngopi dan nongkrong saat ada waktu luang. Lantas apa sebenarnya perbedaan antara warung kopi dan kafe? Keduanya memang sama-sama tempat nongkrong yang menjual minuman atau makanan. Namun terdapat perbedaan mencolok antara keduanya.

Warung kopi cenderung lebih tradisional dengan harga yang lebih terjangkau. Sedangkan kafe terkesan lebih elit dan lebih mewah, dimana menu yang disediakan biasanya dipatok dengan harga yang cukup tinggi. Jumlah warung kopi memang lebih banyak, dimana hampir di tiap daerah atau sudut jalan selalu ada. Sementara kafe mungkin hanya ada di daerah daerah tertentu saja. Namun meski cukup berbeda, namun ada tempat ngopi yang mengkombinasikan warung kopi tradisional dengan nuansa kafe.

Warung Stasion Coffee Surabaya
Suasana Warung Stasion Coffee Surabaya

Stasion Coffee merupakan salah satu tempat ngopi dengan gaya khas kafe. Kedai kopi ini merupakan kedai yang baru didirikan pada awal tahun 2017 lalu. Stasion Coffee terletak di Jalan KH Ahmad Dahlan dekat daerah Keputih dan Kejawan Gebang, Surabaya. Letaknya sangat strategis karena dekat dengan pusat tempat makan. Ya, di sekitar warung kopi ini terdapat banyak tempat makan pinggir jalan yang banyak dikunjungi oleh mahasiswa yang ngekos di sekitar tempat tersebut. Seperti diketahui, daerah Keputih dan Kejawan Gebang memang banyak tempat kos untuk mahasiswa ITS yang letaknya dekat.

Secara klasifikasi, Stasion Coffee memang bisa dibilang sebagai warung kopi. Tempat ini terbilang sederhana. Ruangannya tidak terlalu besar karena hanya ada lima meja besar dan beberapa kursi. Tempat parkir yang disediakan pun tidak begitu besar, jika sedang ramai parkir sepeda motor sampai meluber ke jalan raya di depannya. Kesan sederhana memang terlihat jelas dari depan saat pertama melihat warung kopi ini.

Meski begitu Stasion Coffee memiliki sejumlah ciri khas, bahkan banyak yang menyebut bahwa ngopi disini serasa ngopi di kafe. Ada banyak faktor yang menyebabkannya. Yang paling terlihat adalah suasana di kedai kopi ini yang bersih dan rapi. Berbeda dengan warung kopi lain yang mungkin agak terlihat kotor dan asal-asalan, Stasion Coffee terlihat sangat bersih dan nyaman. Tema warna putih digunakan di tempat ini, baik di tembok atau pun di lantai yang menambah kesan bersih dari Stasion Coffee.

Hal lain yang mencolok adalah menu yang disediakan di sini. Berbeda dengan warung kopi lain pada umumnya, menu di Stasion Coffee termasuk unik dan nyeleneh. Menu standar yang disediakan hanya kopi dan teh saja. Disini tidak disediakan minuman sachet lain yang sering dijual di warung kopi lain, seperti menu kopi sachet (Torabika, ABC, Kapal Api, dll) dan menu susu sachet (Milo, Frisian Flag, Dancow, dll). Tidak ada menu menu seperti yang disebutkan tersebut.

Sebagai gantinya, disini banyak tersedia menu minuman khas varian dari teh dan kopi. Terdapat aneka macam racikan teh seperti teh tarik, teh susu dan teh latte. Ada juga macam macam kopi nusantara yang dijual disini, sebut saja seperti kopi Bali Kintamani, kopi Aceh Gayo, kopi Gresik CR, kopi Toraja Marindang, kopi Ijen Raung dan lain-lain. Banyaknya variasi teh dan kopi tersebut tentu tidak selalu ditemui di warung kopi lainnya.

Ada juga menu minuman khas yang biasa disediakan di kafe kafe elit dan mewah. Disini tersedia es jeruk, soda gembira, avocado, red velved, green tea dan cappuccino. Ada juga varian dari minuman cokelat, mulai dari cokelat cappuccino, cokelat vanilla dan sebagainya. Sebagai tambahan juga ada menu milkshake dari berbagai cita rasa, seperti milkshake oreo, milkshake vanilla dan milkshake float.

Melihat daftar menu minuman yang disediakan di Stasion Coffee ini, tentu pengunjung akan serasa berada di kafe. Ya, menu minuman tersebut memang lebih banyak ditemui di kafe kafe mahal. Jarang sekali ada warung kopi yang menyediakan menu menu seperti yang disebutkan di atas atau bahkan tidak sama sekali. Memang harga yang dipasang untuk menu minuman tersebut agak mahal, antara 5 ribu sampai 10 ribu. Namun tentu hal tersebut sepadan dengan cita rasa yang ditawarkan.

Disini juga tersedia sejumlah menu makanan, dari yang cukup mainstream seperti mi goreng dan telur hingga yang cukup eksklusif seperti kentang goreng dan tahu krispi. Selain menu minuman yang unik dan agak berbeda, Stasion Coffee juga dilengkapi fasilitas standar lain yang dibutuhkan oleh pengunjung, seperti koneksi internet lewat jaringan Wi-Fi, TV layar besar, fasilitas toilet dan tempat cuci tangan hingga colokan yang tersedia di berbagai sudut tempat duduk.

Dengan banyaknya menu yang disediakan ditambah fasilitas yang lumayan banyak, Stasion Coffee menjadi pilihan tempat nongkrong di daerah dekat Keputih dan Kejawan, Surabaya. Meski ruangannya terbilang tidak terlalu besar dan terkesan sederhana, namun warung kopi ini juga punya banyak keunggulan termasuk adanya menu minuman lengkap dan mewah khas kafe-kafe elit.

Review Warung Kopi Stasion Coffee


  • Nama: Warung kopi Stasion Coffee
  • Alamat : Jalan KH Ahmad Dahlan, Kejawan, Surabaya
  • Jam buka : pagi - malam
  • Wi-Fi : Ada
  • TV : Ada
  • Tempat duduk : Kursi
  • Kamar mandi : Ada
  • Rating : 4/5

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon