4 Jenis Kopi Hitam yang Sering Ditemui di Warung Kopi

Bagi anda yang hobi berkunjung ke warung kopi pastinya tidak asing lagi dengan sajian kopi hitamnya. Terlebih bagi anda yang pecinta kopi, maka rasa menjadi begitu penting dan merupakan pertimbangan utama saat memilih warung kopi. Seperti yang kita ketahui, setiap warung tentu menyediakan kopi dengan aneka rasa yang berbeda beda. Beberapa warung hanya menyediakan satu atau dua jenis kopi saja.

Sangat Berbeda dengan kafe yang sangat lengkap dalam jenis kopinya. Bahkan di kafe kita terkadang kebigungan memilih kopi hitam yang mana yang akan kita pesan. Untuk kopi hitam saja, jenisnya bisa puluhan. Semuanya memiliki nama ala inggris yang mungkin asing bagi para pengunjung warung kopi. Tak jarang bahkan yang menilai kopi khas kafe malah rasanya tidak jelas dan jauh dibawah kopi hitam yang biasa ditemui di kedai kopi biasa.

Namun kini kedai warung kopi sudah berkembang dan semakin lengkap. Mereka pemilik warung melengkapi menunya salah satunya dengan menambah pilihan jenis dan macam kopi hitam. Hal ini tentu sangat mengembirakan bagi yang gemar menyeruput kopi hitam. Meski tidak selengkap di kafe, setidakanya saat kita masuk ke dalam warung kopi, ada beberapa pilihan kopi yang bisa kita pilih.

Jika dahulu rata rata warung kopi hanya menyediakan kopi hitam standart saja. Kini berkembang dengan menyediakan varian rasa dan jenis yang cukup beragam. Biasanya julahnya bisa mencapai puluhan jenis untuk satu warung kopi saja. Masing masing kopi dikemas dalam wadah yang berbeda. Namun warung selengkap ini masih cukup jarang ditemui, hanya ada beberapa saja di Surabaya.

Semuanya tergantung dan kembali pada si pemilik warung itu sendiri. Mau menggunakan kopi jenis apa dan bagaimana pengolahannya. Pemilihannya harus hati hati dan mempertimbangkan minat masyarakat terhadap kopi hitam. Jika kopi hitamnya enak maka kemungkinan besar pengunjung semakin banyak.

Dan dari macam macam kopi hitam yang ada. Kami telah kumpulkan 4 macam kopi hitam yang biasa dihidangkan dan sering ditemui di berbagai warung kopi. Berikut ini daftarnya.

Bubuk Kopi Hitam
Kopi Hitam Bubuk

1. Kopi Hitam Biasa

Yang pertama tentu saja kopi hitam biasa. Yang dimaksud kopi biasa disini adalah kopi hitam bubuk tanpa merk yang biasanya dibuat sendiri oleh seseorang. Kebanyakan yang membuat adalah industri rumahan dengan merk lokal. Kopi semacam ini justru cita rasanya jauh lebih enak dari pada kopi hitam bermerk yang biasa kita saksikan di iklan iklan televisi. Pemilik warung kopi banyak menggunakan kopi jenis ini sebagai menu utamanya.

2. Kopi Hitam Sachet

Kopi sachet bisa dipastikan selalu ada sebagai pengganti kopi hitam biasa. Kopi sachet biasanya kurang memiliki cita rasa lebih. Hanya beberapa merk saja yang cukup enak dan banyak digemari. Sisanya malah membuat perut kembung. Namun tetap saja kope hitam sachet ini disediakan oleh pemilik warung. Alasannya karena praktis dan mudah dalam membuatnya, tinggal tuang dan seduh.

3. Kopi Hitam Daerah

Kalau yang satu ini cukup unik dan menarik. Tak jarang beberapa warung kopi di Surabaya menyediakan banyak ragam varian kopi hitam dan diantaranya adalah kopi hitam khas beberapa daerah di Indonesia. Yang sering saya temui sendiri misalnya kopi Aceh Gayo, kopi Bali Kintamani, kopi Toraja Marindang, kopi Ijen Raung, kopi Flores Bajawa, kopi Java Wonosobo dan masih banyak sekali.

4. Kopi Hitam Buatan Sendiri

Dan yang terakhir adalah kopi hitam buatan sendiri. Terkadang pemilik warung tidak puas dengan produk kopi bubuk buatan orang lain sehingga ia berinisiatif membuat sendiri mulai dari proses pemilihan biji kopi hngga penggilingannya. Dengan begini cita rasa kopi hitam yang sesuai dengan keinginan pemilik bisa diwujudkan. Rasa kopinya pun jelas sangat khas karena tidak ada yang menyamainya. Dengan egitu pengunjung yang cocok dengan rasa kopinya akan datang berkunjung kembali.

Kami kira itulah sebagian besar jenis dan macam kopi yang biasa digunakan di banyak warung kopi. Jika di tempat anda ada warung kopi dengan sajian kopi yang berbeda dari yang lain, maka silahkan share kepada kami di kolom komentar.

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon