Cara Menyimpan Kopi Yang Baik dan Benar

Kopi merupakan minuman paling populer di tengah tengah masyarakat kita. Hampir setiap rumah pasti memiliki persediaan kopi untuk disantap atau paling tidak disuguhkan kepada para tamu yang berkunjung. Namun banyak yang tidak mengerti bahw kopi sangatlah rentan dan berpotensi berubah rasanya hanya dalam waktu singkat. Sesaat setelah biji kopi digiling menjadi bubuk kopi, maka saat itulah daya tahan kopi akan semakin berkurang dan semakin cepat berubah rasanya. Hal ini akan semakin para jika kita tidak menyimpannya secara benar dan hati hati. Jangan heran jika dalam beberapa hari saja kopi sudah berubah rasa dan basi, ini karena anda salah dalam menyimpannya.

Kenapa terkadang kopi hanya bertahan selama 3 hari saja, ini karena kemasan kopi dalam keadaan terbuka dan tidak tertutup. Banyak sekali hal hal yang perlu anda perhatikan saat menyimpan kopi anda. Hal ini penting agar aroma dan kesegaran serta cita rasanya bisa bertahan lama paling tidak hingga satu bulan.

Kopi Hitam Bubuk
Kopi Hitam Bubuk

Percaya atau tidak, bubuk kopi sedikit berbeda dengan yang lainnya. Semain lama umur kopi maka rasanya dan aromanya akan berkurang. Namun jika ingin bertahan agak lama bisa dilakukan dengan menyimpan biji kopinya saja untuk selanjutnya digiling sendiri menggunakan mesin giling sederhana. Tapi hal ini jelas ribet dan tidak efisien serta membuang waktu dan tenaga. Maka dari itu cara terbaik yaitu menyimpan bubuk kopi dengan cara yang tepat dan benar.

So, tanpa panjang lebar berikut ini tata cara menyimpan kopi bubuk yang baik dan benar agar tetap segar serta terjaga aroma dan rasanya.

1. Tutup Rapat

Menyimpan kopi bubuk tidaklah sembarangan, Anda harus menyiapkan sebuah tempat dan wadah tertutup rapat agar aromanya tetap baik. Jika terbuka dan ada celah sedikit saja yang memungkinkan udara dan cahaya masuk, maka kopi anda tidak akan bertahan lama dan rasanya akan berubah menjadi tidak enak lagi. Wadah haruslah benar benar rapat dan kedp udara agar terjaga kesegarannya dalam waktu yang lama. Jika nda mengabaikan hal ini, maka jangan kaget jika dalam seminggu saja rasa kopi sudah berubah.

2. Jangan Tempatkan di Kulkas

Jangan menempatkan kopi di kulkas karena justru bisa menghilangkan cita rasa kopi tersebut. Hal ini kadang banyak disalah artikan. Kita memang dianjurkan menyimpan kopi dalam ruangan dengan suhu udara yang sejuk, namun bukan berarti kulkas menjadi solusinya. Taruhlan kopi bubuk anda di ruangan dengan suhu sejuk yang normal seperti dalam laci misalnya.

3. Hindarkan Dari Udara dan Cahaya

Salah satu musuh utama kopi adalah cahaya dan udara. Itulah mengapa kopi disarankan agar ditempatkan pada tempat yang tertutup dan sejuk agar tidak terkena cahaya dan udara. Bahkan wadah untuk menyimpannya haruslah rapat dan kedap udara agar cita rasa kopi masih tetap kuat dan mampu bertahan agak lama. Wadah tersebut juga harus dittempatkan di tempat yang sejuk dan bebas dari sengatan cahaya langsung.

4. Jangan Menyimpan Kopi Terlalu Lama

Anda mungkin pernah mengalami kopi yang anda beli tiba tiba menjadi tidak enak dan rasanya berubah menjadi basi. Mungkin penyebabnya adalah anda sudah menyimpannya selama berminggu minggu. Meski cara penyimpanannya sudah benar, namun bubuk kopi tetap saja akan basi dan berkurang aroma serta rasanya. Biasanya hal ini terjadi pada minggu ke tiga hingga satu bulan. Semua tergantung bagaimana cara kita menyimpannya. Jika caranya benar maka bisa bertahan hingga sebulan lebih. Namun jika salah, maka hanya dalam 2 minggu pun terkadang rasanya sudah berubah dan aromanya sudah tidak segar lagi. Maka dari itu tidak disarankan membeli kopi dalam jumlah banyak untuk selanjutnya ditimbun karena bisa dipastikan rasanya akan hilang dalam beberapa miinggu. Cara terbaik adalah dengan membeli seperlunya dan sesuai kebutuhan dan setelah habis barulah membeli lagi bubuk kopi yang baru.

5. Hindarkan Dari Bau Tajam

Kopi juga sangat mudah terpengaruh dengan bau menyengat. Dengan begitu anda wajib menghindarkan meletakkan bubuk kopi dalam satu ruangan bersama dengan benda atau bahan yang berbau tajam. Biasanya baan bahan seperti ini ada di dapur kita. Maka dari itu pilihlah tempat yang aman dan berilah jarak dari apa saja yang sekiranya memiliki bau tajam dan menyengat. Hal ini harus diperatikan karena kopi sangat rentan berubah rasa jika tidak disimpan dengan hati hati.

Dan bagi anda di rumah ada baiknya memperhatikan cara cara diatas saat akan menyimpan kopi agar usianya mampu bertahan lama. Jangan asal meletakkannya di sembarang tempat saja karena hanya akan cepat memudar rasanya, Semoga tips dan informasi ini bermanfaat untuk anda semua.

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon