Tempat Ngopi Semua Usia di Warung Sopo Nyono

Kecamatan Jambangan termasuk salah satu daerah pinggiran di kota Surabaya. Jika dibandingkan dengan pusat kota Surabaya, tentu tidak banyak yang mengenal daerah ini selain masyarakat sekitar. Meski begitu bukan berarti daerah ini sepi dari aktivitas. Di Jambangan, terdapat banyak tempat nongkrong yang berwujud warung dan kedai kopi. Kondisi ini ditunjang dengan struktur jalan Jambangan yang menghubungkan kota Surabaya serta beberapa kecamatan yang sudah masuk kabupaten Sidoarjo. Lokasi daerah ini juga dekat dengan sejumlah tempat terkenal Surabaya seperti Masjid Al-Akbar atau Royal Plaza, meski sudah masuk daerah lain.

Warung kopi di daerah ini bisa ditemui di sepanjang Jalan Jambangan hingga Jalan Raya Pagesangan. Baik di bagian kiri atau kanan jalan, sejumlah warung kopi banyak yang berdiri. Ada yang hanya berupa warung tradisional dengan tempat seadanya, ada yang berupa kedai kopi dengan tempat luas hingga kafe kafe elit yang modern. Variasi warung kopi yang ada pun cocok untuk masyarakat sekitar dari semua usia, yang didominasi remaja dan para pekerja.

Warung Kopi Sopo Nyono
Suasana di Warung Kopi Sopo Nyono Surabaya

Salah satu warung kopi yang akan dibahas kali ini adalah warung Sopo Nyono. Secara harfiah, nama Sopo Nyono bisa diartikan sebagai ‘Siapa yang nyangka?’ yang memberi kesan ekspresi ketidakpercayaan. Kata Sopo Nyono menjadi salah satu frase dalam bahasa Jawa yang populer. Pemilik warung kemudian memilih frase kata tersebut sebagai nama warung kopi.

Lokasi dari warung Sopo Nyono berada di Jl. Jambangan No.163, Jambangan. Di jalanan tersebut memang terdapat banyak warung kopi dan Sopo Nyono merupakan salah satunya. Warung kopi ini pun menjadi salah satu tempat ngopi andalan bagi masyarakat sekitar. Di antara banyak persaingan kedai kopi, nyatanya Sopo Nyono menjadi salah satu kedai yang banyak dikunjungi orang-orang.

Kesan pertama yang ditampilkan di sini mungkin adalah areanya yang cukup luas. Parkir motor yang disediakan pun cukup besar dan dilengkap atap tertutup sehingga motor kita tidak akan kepanasa. Ada pohon besar yang ada di dekat tempat parkir. Di dalam ruangan, terdapat banyak meja dengan ukuran besar di berbagai sudut dengan menggunakan tema warna oranye. Fasilitas colokan listrik juga disediakan di sejumlah sudut ruangan meski tidak tersedia di meja meja di tengah ruangan. Hal ini membuat pengunjung yang pertama datang selalu memilih tempat di sudut dan dekat tembok, karena akan mendapat akses menuju stopkontak listrik tersebut.

Apa yang dijual di warung kopi ini juga tidak jauh beda dengan tempat nongkrong lain. Selain sejumlah minuman juga disediakan aneka cemilan seperti sate, telor atau pun gorengan. Satu hal yang patut diperhatikan adalah harga yang dipatok di Sopo Nyono ini yang terbilang agak berbeda dari biasanya, bisa dibilang cenderung lumayan mahal. Sebagai perbandingan kopi hitam dipasang tarif hingga lima ribu rupiah berbanding dengan tempat lain yang hanya berkisar antara 3 ribu sampai 4 ribu. Hal ini juga berlaku bagi menu minuman lain dengan selisih kurang lebih seribu.

Meski harganya agak berbeda, namun tarif tersebut masih terjangkau bagi warga sekitar. Faktanya tempat ini pun menjadi salah satu tempat nongkrong favorit bagi masyarakat dari berbagai kalangan dan usia. Banyak anak anak sekolahan yang nongkrong disini setelah pulang sekolah. Ada juga remaja yang ngopi bareng teman-teman menghabiskan waktu luang. Bahkan dari kalangan dewasa bisa ditemui sejumlah orang dewasa yang ngopi di warung Sopo Nyono ini. Mayoritas orang dewasa merupakan pekerja yang pulang dari bekerja dan memilih bersantai sejenak di kedai kopi Sopo Nyono. Tak jarang juga perempuan yang ngopi disini.

Tak dipungkiri jika keberadaan koneksi internet lewat jaringan Wi-Fi menjadi fasilitas andalan dari warung kopi ini. Adanya TV, kipas angin atau koran pagi yang disediakan juga menjadi nilai plus tersendiri. Selebihnya, Sopo Nyono mengandalkan ruangan yang nyaman serta lokasi yang cukup strategis untuk menarik pelanggan. Kedekatan penjaga warung dengan sejumlah anak dan remaja yang biasa nongkrong di sini juga menjadi hal positif, karena dengan begitu akan lebih banyak anak dan remaja lain yang datang ke sini.

Sebisa mungkin pemilik Sopo Nyono memang memberi kenyamanan bagi pelanggan dengan menerapkan sistem pelayanan yang ramah dan akrab. Alhasil tempat ini jadi salah satu warung kopi andalan bagi masyarakat di daerah Jambangan. So jika sedang berada di dekat daerah Jambangan dan butuh tempat ngopi yang enak, tak ada salahnya berkunjung sejenak di warung Sopo Nyono ini.

Review Warung Kopi Sopo Nyono


  • Nama: Warung kopi Sopo Nyono
  • Alamat : Jl. Jambangan No.163, Jambangan
  • Jam buka : pagi - malam
  • Wi-Fi : Ada
  • TV : Ada
  • Tempat duduk : Kursi
  • Kamar mandi : Tidak ada
  • Rating : 3/5

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon