Ngopi dengan Sopan Santun di Warkop Jibril

Banyak dijumpai warung kopi yang ramai akan pengunjung. Biasanya kita akan melihat warkop yang ramai dimana para pengunjung saling mengobrol satu sama lain. Saking asiknya mengobrol, biasanya para pengunjung warung kopi terkesan ngobrol seenaknya sendiri. Bahkan tak sedikit yang berteriak atau berkata tidak sopan saat sedang ngopi. Hal ini tentunya sangat lumrah ditemui apalagi di warung-warung yang ada di Surabaya dimana mayoritas pengunjung adalah mahasiswa atau bapak bapak. Mereka mereka berbincang-bincang dengan suara keras tanpa memperhatikan keadaan sekitar. Susah untuk mendapatkan ketenangan saat sedang ngopi di warung warung dengan kondisi yang seperti itu.

Meski begitu, ada satu kedai kopi yang bisa jadi pilihan jika ingin merasakan sensasi ngopi dengan tenang, aman dan damai serta terhindar dari suara suara berisik lain. Warung kopi Jibril merupakan solusinya. Letak kedai kopi ini berada di daerah Keputih, Surabaya tepatnya yaitu di Jalan Arief Rachman Hakim No. 58, Keputih. Posisinya memang cukup strategis dan dekat dengan daerah kos-kosan mahasiswa, terutama mahasiswa ITS dan Universitas Hang Tuah yang letaknya memang cukup dekat dengan tempat ini.

Suasana Warkop Jibril
Sekilas suasana ngopi di Warkop Jibril

Dengan ngopi di warung Jibril ini, maka akan didapatkan kondisi ngopi yang tenang dan juga sunyi. Dijamin disini tidak akan ada pengunjung yang berani untuk bersuara berisik, apalagi sampai teriak dan berkata tidak sopan. Hal ini tak lepas dari kebijakan yang diterapkan oleh pemilik kedai kopi yang mengharuskan pengunjung untuk tidak berkata kata keras yang dapat mengganggu pengunjung lain. Bahkan di bagian tembok diberi sebuah tulisan peringatan 'Area Bicara Sopan'. Hal ini pun menegaskan bahwa pengunjung yang datang ke sini harus menerapkan sopan santun saat sedang berbicara dengan memperhatikan norma-norma yang berlaku di masyarakat.

Nama Jibril sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari 'Jiwa Berandal Ingat Ilahi'. Hal ini sesuai dengan tema warkop ini dimana saat kita ngopi kita harus tetap ingat ilahi dengan tetap menjunjung tinggi kesopanan. Jangan harap kamu ngopi di tempat ini dan kemudian berkata tidak sopan atau berbicara dengan keras yang mengganggu pengunjung lain. Bahkan pemilik warung tidak akan segan-segan untuk mengusir pengunjung yang melanggar sopan santun meski itu berarti harus kehilangan pelanggan.

Kebijakan tersebut memang tidak bisa langsung diterima oleh semua kalangan. Seperti diketahui banyak mahasiswa yang nongkrong di warkop sering mengobrol dengan keras dan tidak sopan. Hal ini yang kemudian membuat sedikit pengunjung dari kalangan mahasiswa yang bisa ditemui di warung kopi ini jika dibandingkan dengan tempat lain yang ada di sekitarnya. Tak jarang pula mahasiswa mahasiswa yang pernah diusir saat sedang asik ngopi bareng teman-teman. Kejadian semacam ini tidak hanya terjadi sekali dua kali saja, namun sudah beberapa kali terjadi. Pemilik tempat ini pun merasa tidak apa-apa kehilangan pelanggan asalkan prinsip area bicara sopan tetap dipegang teguh.

Hal itu lah yang paling ditonjolkan dari warkop Jibril ini. Di sini, kamu bisa merasakan sensasi ngopi dengan tenang, damai dan sunyi. Tidak akan ada gangguan suara dari pengunjung lain. Tidak ada pula kata kata tidak sopan yang didengarkan yang bisa membuat panas telinga. Asalkan jangan ngopi lama-lama karena kalau lama juga bisa kena usir oleh pemilik warung.

Selain itu, warkop Jibril menyediakan banyak pilihan jenis kopi. Kopi yang disediakan di warung kopi Jibril merupakan varian kopi dari seluruh Nusantara. Kopi kopi ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan menjadi keunggulan utama dari warung Jibril. Artinya, di warung kopi ini, kamu tidak hanya disuguhi kopi kopi biasa, namun juga kopi khas dari berbagai wilayah di Indonesia. Beberapa contoh ragam kopi Nusantara yang dijual di kedai kopi ini antara lain yaitu kopi Aceh Gayo, kopi Bengkulu, kopi Robusta Jember, kopi Bali Kintamani, kopi Toraja Sapan, kopi Java Wonosobo, kopi Java Malang, kopi Flores Bajawa hingga kopi Papua Wamena.
Baca : Nikmati Kopi Nusantara di Kedai Joyo Sastro
So bagi yang ini minum kopi khas dari seluruh Nusantara dengan kondisi yang tenang, maka warung Jibril merupakan tempat yang paling tepat. Dijamin tidak akan ditemui suara berisik dari pengunjung lain dan kita akan bisa ngopi dengan tenang dan damai di warung kopi ini. Tentunya norma dan sopan santun harus terus dijaga selama sedang ngopi di kedai kopi Jibril ini ya.

Review Warung Kopi Jibril


  • Nama: Warung Kopi Jibril (Jiwa Berandal Ingat Ilahi)
  • Alamat : Jalan Raya Arief Rachman Hakim No. 58, Keputih, Sukolilo
  • Jam buka : 6 pagi - tengah malam
  • Wi-Fi : Tidak Ada
  • TV : Ada
  • Tempat duduk : Kursi
  • Kamar mandi : Tidak ada
  • Rating : 2,5/5

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.

1 comments so far

Pean jane bilang saya kalau nulis artikel tentang warkop jibril nanti saya kasih kopi ☕ gratis hahaha maturnuwon


EmoticonEmoticon