Aneka Jajan dan Nasi Bungkus di Warkop SPR

Kehadiran sebuah kedai kopi saat ini berfungsi sebagai tempat untuk ngopi atau untuk minum aneka minuman lain seperti teh atau susu. Namun tentunya tidak lengkap minum tanpa adanya jajan aau cemilan. Untuk itu saat ini banyak warung kopi yang juga menyediakan aneka makanan lain. Beberapa kedai kopi biasanya menyediakan aneka gorengan dan jajanan lain sedangkan beberapa lainnya juga menyediakan nasi bungkus. Warung SPR merupakan salah satu warung kopi yang paling lengkap jika menyoal tentang ketersediaan makanan seperti nasi bungkus, jajanan, gorengan dan juga makanan lainnya.

Warung kopi ini berlokasi di dekat kompleks SPR, singkatan dari kompleks perumahan Sukolilo Park Regency. Lebih tepatnya lagi, warkop ini berada di daerah Jalan Keputih Tegal, Surabaya, di jalan utama sebelum masuk kawasan SPR. Sebenarnya tidak ada nama resmi dari warung kopi ini, hanya sebuah warung biasa tanpa nama. Namun karena letaknya yang dekat dengan kompleks SPR, maka orang-orang sekitar pun banyak yang menyebutnya dengan sebutan warkop SPR hingga menjadi nama yang lazim digunakan untuk menyebut tempat ini. Belakangan pemilik warung menamai koneksi Wi-Fi disini dengan sebutan warung kopi DD. Meski begitu nama ini tidak populer dan orang-orang masih sering menyebut tempat ini sebagai warung kopi SPR yang sudah terlanjur menyebar.

Aneka Jajan dan Nasi Bungkus di Warkop SPR
Aneka Macam Jajan dan Nasi Bungkus di Warkop SPR

Lantas apa yang istimewa dari kedai kopi di SPR ini? Ya, seperti yang sudah disebut di atas warung ini menyediakan banyak variasi jajanan dan nasi bungkus yang tidak ada di warung kopi lain di sekitarnya. Berbagai jajanan yang ada sangat beragam, mulai dari aneka goreng-gorengan seperti ote-ote, tahu isi, tempe tepung, lumpia, lalu juga ada aneka krupuk dan kripik, aneka kacang-kacangan hingga jajanan pasar lain seperti martabak, terang bulan, donat, telur puyuh dan lain-lain. Daftar tersebut tentu terbilang cukup lengkap dan sangat komplit untuk menjadi cemilan sambil ngopi. Biasanya di tempat ngopi lain hanya tersedia 2-3 aneka jajan saja, sehingga apa yang ada di warung SPR ini terbilang sangat beragam.
Baca Juga : Kedai Mbah Sangkil, Warkop dengan Aneka Cemilan Enak
Hal tersebut belum ditambah dengan ragam makanan nasi bungkus yang tak kalah banyak pilihannya. Terdapat banyak varian nasi bungkus, mulai dari nasi bungkus telur, nasi bungkus ayam atau ayam panggang, nasi bungkus daging, nasi krengsengan hingga nasi abon. Harganya pun sangat murah, yaitu 6 ribu untuk semua varian nasi bungkus. Banyaknya jenis nasi bungkus yang tersedia juga menjadi salah satu alasan utama warung kopi ini selalu ramai terutama saat pagi hari.

Banyak pengunjung yang hadir dan singgah di kedai kopi ini untuk sarapan dan mengisi perut dengan jajanan lain sebelum memulai aktivitias sehari-hari. Pengunjung kebanyakan berasal dari kalangan pekerja di sekitar wilayah SPR seperti petani, sopir atau pekerja lain. Ada juga yang berasal dari golongan mahasiswa terutama mahasiswa ITS dikarenakan letaknya yang tidak terlalu jauh dari kampus ITS.

Letak warkop SPR ini juga terbilang menjadi satu nilai plus lain. Jalanan di depan warung kopi SPR ini cenderung sepi dengan suasana alam seperti di desa. Kondisi ini juga dikarenakan tidak banyak bangunan yang ada di sekitar warung kopi SPR sehingga suasanya masih asri dan terbuka. Hal ini tentu tidak dijumpai di kebanyakan warung kopi di daerah Surabaya lain yang ramai akan kendaraan bermotor yang lalu lalang. Suasana alam yang asri menjadikan warkop SPR menjadi tempat ngopi favorit bagi warga sekitar.

Fasilitas lain yang juga tersedia adalah adanya TV. Ada juga fasilitas Wi-Fi yang belakangan baru dipasang oleh pemilik warung ini. Tersedia juga koran Jawa Pos yang bisa dibaca saat pagi hari untuk mengupdate berita tiap harinya. Tempat parkir yang disediakan di sini juga cukup luas dan dapat menampung banyak kendaraan sepeda motor sekaligus.

So, dengan varian lengkap aneka jajan dan nasi bungkus yang ada, warung kopi SPR ini menjadi pilihan tepat untuk ngopi. Para pengunjung bisa santai sejenak disini sambil menikmati cemilan dan bisa sambil sarapan juga sebelum memulai aktivitas di pagi hari. Warung ini pun menjadi salah satu opsi tempat ngopi dan nyemil yang layak dicoba.

Review Warung Kopi SPR


  • Nama: Warung kopi SPR / Warung kopi DD (tidak resmi)
  • Alamat : Keputih Tegal, Surabaya (dekat Sukolilo Park Regency)
  • Jam buka : 6 pagi - tengah malam
  • Wi-Fi : Ada
  • TV : Ada
  • Tempat duduk : Kursi
  • Kamar mandi : Tidak ada
  • Rating : 3,5/5

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon