Warkop Gavin dan Nuansa Persebaya Surabaya

Kota Surabaya dikenal lewat banyak hal, mulai dari sebutan kota Pahlawan, jembatan merah, Tugu Pahlawan dan lain-lain. Salah satu yang paling melekat dengan kota Surabaya adalah eksistensi klub Persebaya Surabaya, yang memiliki julukan Bajul Ijo. Persebaya dikenal sebagai salah satu klub klasik yang legendaris di Indonesia yang cukup berprestasi di masa lalu dengan beberapa kali menjadi juara kompetisi lokal. Klub ini merupakan klub sepakbola yang menjadi kebanggaan bagi masyarakat kota Surabaya. Maka tak heran jika banyak aksesoris dan pernak-pernik tentang Persebaya Surabaya yang terdapat di seluruh penjuru Surabaya, termasuk juga bisa ditemui di kafe atau warung kopi yang ada di Surabaya.

Ya, cukup banyak warung kopi yang mengusung tema Persebaya, salah satunya adalah warkop Gavin. Kedai kopi Gavin ini terletak di Jalan Sutorejo No. 19, Mulyorejo, Surabaya. Letaknya masih dekat dengan kampus UNAIR C dan cukup dekat dengan kampus utama ITS Surabaya. Letaknya memang bukan berada di jalanan utama, namun berada di jalanan kecil yang dekat dengan pemukiman penduduk sekitar. So untuk bisa kesini dari jalan utama harus melewati akses jembatan kecil terlebih dahulu sebagai penghubung karena terdapat sungai kecil yang memisahkan kedua jalan tersebut dengan warkop ini.

Warkop Gavin dan Nuansa Persebaya Surabaya
Suasana Warkop Gavin dengan Nuansa Khas Persebaya Surabaya

Jam buka dari warung kopi Gavin adalah 24 jam, artinya warung kopi buka mulai sejak pagi hari hingga malam hingga pagi lagi. Warkop Gavin memang dibuat terbuka tanpa ada pintu. Tembok hanya ada di satu sisi saja sehingga kesan terbuka begitu didapatkan disini. Suasana di sekitar warung Gavin ini termasuk jauh dari keramaian kota, apalagi saat ngopi di waktu malam hari. Meski kedai kopi ini biasanya cukup ramai dikunjungi, namun suasana sunyi dan tenang akan didapat dengan ngopi disini.

Warung kopi ini pun memiliki satu karakteristik yang unik. Ya, warung kopi Gavin terkenal karena banyak memasang atribut Persebaya Surabaya. Pemilik dari kedai kopi Gavin memang dikenal sebagai seorang Bonek (Bondo Nekat) sejati, sebutan dari fans dan supporter klub Persebaya Surabaya. Euforia dan nuansa Persebaya pun terasa begitu kental disini akibat atribut-atribut klub yang berjuluk Bajul Ijo tersebut. Sejumlah banner berwarna hijau dengan tema Persebaya terpajang lengkap dengan logo kebesaran klub tersebut. Ada juga gambar gambar lain yang masih berkaitan dengan Persebaya Surabaya di warkop Gavin ini.

Kondisi klub Persebaya Surabaya yang sempat dibekukan oleh PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) selaku otoritas sepakbola Indonesia, rupanya sama sekali tak mengendurkan semangat para pendukungnya untuk terus mensupport Persebaya. Saat Persebaya sempat tidak diakui oleh PSSI akibat beberapa alasan, para pendukung Persebaya alias Bonek memang sempat melakukan protes keras dengan memasang spanduk-spanduk berisi tulisan protes di jalan jalan strategis di sekitar kota Surabaya. Warung kopi Gavin sendiri memilih cara lain untuk mendukung Persebaya, yaitu dengan memasang atribut banner bertemakan Persebaya Surabaya di sekitar tempat ngopi ini.

Selain itu, warung kopi Gavin juga memiliki beberapa kelebihan lain. Fasilitas Wi-Fi misalnya, bisa ditemui di sini dengan kecepatan yang tidak lambat. Selain itu juga terdapat TV untuk hiburan para pembeli. Tempat ngopi di Gavin pun bisa dibilang cukup luas. Terdapat beberapa meja memanjang yang cukup untuk banyak orang untuk nongkrong disini. Terdapat juga tempat duduk outdoor di luar warung kopi yang bisa ditempati. Ngopi di tempat duduk outdoor terutama saat malam hari, memberikan pemandangan jalanan di pinggir sungai, meski sungai di dekat kedai kopi ini juga tidak terlalu bersih.

Minuman yang dijual di Gavin masih sama dengan kebanyakan warung kopi lain pada umumnya, di antaranya kopi, es teh, susu dan minuman sachet lainnya. Sejumlah cemilan seperti kripik atau kacang juga ada, dan tak lupa menu mi instan untuk mengganjal rasa lapar juga ada di warung kopi Gavin ini. Tempat yang disediakan di warung kopi Gavin ini pun enak dan nyaman untuk nongkrong berlama-lama.

Secara umum, warung kopi Gavin termasuk salah satu tempat ngopi yang cukup bagus dan ramai dikunjungi yang ada di Mulyorejo. Tentu jika kamu merupakan Bonek atau pendukung Persebaya, warkop sangat tepat untuk dijadikan tempat nongkrong. Namun meskipun kamu bukan pendukung Persebaya, tak ada salahnya untuk menghabiskan waktu sejenak dengan ngopi disini, apalagi warung kopi Gavin juga memiliki fasilitas yang memadai.

Review Warung Kopi Gavin


  • Nama: Warung kopi Gavin
  • Alamat : Jalan Sutorejo No. 19, Mulyorejo, Surabaya
  • Jam buka : pagi-malam (24 jam)
  • Wi-Fi : Ada
  • TV : Ada
  • Tempat duduk : Kursi
  • Kamar mandi : Tidak Ada
  • Rating : 3/5

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon