Warkop Sederhana Hadirkan Cita Rasa Kopi Ijo Tulungagung

Tidak banyak warung kopi yang menawarkan menu khusus khas daerah yang berbeda dibanding tempat lain. Namun hal itu tidak berlaku di warung kopi Kafe Sederhana. Warung kopi Sederhana ini terletak di Keputih Gang Makam No. 22, Keputih, Sukolilo. Di sini, menu khas utama yang disodorkan adalah kopi ijo khas kota Tulungagung. So, kamu tak perlu sampai jauh-jauh pergi ke Tulungagung untuk bisa merasakan sensasi kopi ijo ini. Cukup nongkrong di Kafe Sederhana dan kamu bisa merasakan sensasi kopi ijo Tulungagung.

Warung kopi ini sebenarnya masih terbilang baru, karena baru dibuat pada tahun 2016 ini. Nama yang dipilih pun terbilang nama yang cukup pasaran dan banyak digunakan oleh kedai atau resto makan lainnya, yaitu Kafe Sederhana. Kedai kopi ini diprakarsai oleh mahasiswa asli kota Tulungagung yang sedang menempuh studi kuliah semester akhir di kampus ITS Surabaya. Ia pun menyewa lahan tersebut untuk dijadikan bisnis warung kopi yang memang cukup menjanjikan apalagi jika dekat dengan kawasan perguruan tinggi.

Suasana Ngopi di Warkop Sederhana
Suasana ngopi di Warkop Sederhana

Di kafe Sederhana, menu utama yang disediakan adalah kopi ijo Tulungagung. Hal ini tentu sesuai dengan visi dan tujuan pemilik warkop yaitu turut menyebarkan cita rasa khas Tulungagung di tanah perantauan Surabaya. Kopi ijo yang tersedia memang tak bisa ditemui di kafe dan warung kopi lainnya. Cita rasa kopi ijo yang khas dan unik pun menjadi salah satu daya tarik utama dari warkop Sederhana ini.

Tentunya menu kopi dan minuman lain juga masih tersedia di sini. Ada pula jajanan dan makanan lain termasuk mi instan Indomie. Mi instan yang dibuat juga menggunakan racikan tertentu hingga rasanya menjadi berbeda dengan kebanyakan mi instant di tempat lain. Saat pagi hari, biasanya juga dijual nasi pecel dengan pilihan lauk telur atau ayam. Kita pun bisa sarapan dengan nasi pecel di warung kopi ini sambil ngopi.

Warung kopi ini tentunya juga memiliki fasilitas Wi-Fi dan koneksinya pun cukup kencang. Uniknya di awal-awal beridirnya warung kopi ini, password yang digunakan untuk koneksi Wi-Fi sering menggunakan nama-nama tempat wisata di Tulungagung, di antaranya seperti ‘Kedung Tumpang Tulungagung’, ‘Pantai Sine Tulungagung’, ‘Candi Sanggrahan Tulungagung’ dan masih banyak lagi yang lainnya. Kini, hal itu memang sudah tidak digunakan lagi.

Meski begitu, juga terdapat beberapa kekurangan di warkop ini. Yang pertama yaitu tempatnya yang masih kecil dan tidak begitu luas, bahkan terkesan agak sempit. Kemudian tidak adanya tempat parkir yang cukup memadai karena biasanya sepeda motor harus parkir di lahan yang ada di sebelah tempat kopi ini. Selain itu, lokasi warung kopi Sederhana ini berada di gang kecil, bukan di jalan raya, sehingga mungkin lokasinya tidak terlalu strategis. Meski pun begitu Keputih Gang Makam tempat kedai kopi ini termasuk cukup ramai karena menjadi tempat kos-kosan mahasiswa sehingga kedai kopi ini juga selalu ramai tiap hari.

Satu lagi yang menjadi ciri khas dari Kafe Sederhana ini adalah adanya box ice cream yang menjual aneka es krim. Ya, sang pemilik memang menjalin kerjasama dengan perusahaan es krim yang sedang naik daun, Aice. Kini Kafe Sederhana ini pun menjadi official partner dari Aice. Berbagai aneka rasa es krim pun tersedia di sini mulai dari es krim coklat, es krim vanilla, es krim pisang, es krim semangka, es krim crispy dan lain-lain. Kita pun bisa ngopi sambil menikmati cita rasa es krim ini. Sesuatu yang jarang ditemui di tempat ngopi lain. Tak jarang pula anak anak yang membeli es krim di sini. Selain karena rasanya yang enak, harga es krim Aice ini memang masih murah dibanding dengan merk es krim lain yang sudah terkenal. Interval harga es krim yang dijual disini berkisar antara 2500 hingga 4000 rupiah.

Warung kopi Sederhana ini buka mulai pukul 9 pagi. Kadang-kadang memang jam buka agak molor hingga waktu siang hari. Kemudian warung kopi ini akan tutup hingga waktu dini hari, sekitar jam 1 sampai jam 2 pagi. So, bagi yang ingin merasakan sensasi minum kopi ijo, tidak perlu sampai jauh jauh pergi ke kota Tulungagung segala. Kamu bisa nongkrong dan menikmatinya secara langsung di warung kopi Sederhana ini yang berada di daerah Gang Makam, Keputih, Surabaya.

Review Warung Kopi Kafe Sederhana 


  • Nama: Warung kopi Kafe Sederhana
  • Alamat : Keputih Gang Makam No. 22, Keputih, Sukolilo, Surabaya
  • Jam buka : 9 pagi - 1 dinihari
  • Wi-Fi : Ada
  • TV : Tidak Ada
  • Tempat duduk : Lesehan
  • Kamar mandi : Ada
  • Rating : 3,5/5

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon