Ngopi Pagi Lebih Enak di Warkop Nastain

Pagi hari merupakan salah satu waktu yang paling enak dan tepat untuk ngopi. Ngopi di waktu pagi cukup penting untuk mengawali hari sebelum melakukan aktivitas dan kegiatan lain yang akan dilakukan setelahnya. Dengan ngopi di waktu pagi tentunya bisa menambah semangat kita untuk mengawali hari sebelum melakukan kegiatan seperti bekerja atau kuliah. Banyak orang yang terbiasa ngopi saat pagi sehingga jika tidak ngopi maka seperti ada yang kurang dan bisa menurunkan produktivitas di hari tersebut.

Warung kopi Nastain merupakan salah satu pilihan tempat ngopi yang enak dan asik di pagi hari yang berada di daerah Keputih, Warkop Nastain tepatnya terletak di depan bank BRI Jalan Arif Rahman Hakim, Keputih, Sukolilo. Lokasinya juga berdekatan dengan kampus ITS dan Universitas Hang Tuah. Warung ini menjadi salah satu favorit bagi para mahasiswa sebagai tempat ngopi dan nongkrong, terutama saat di pagi hari. Aktivitas ngopi di pagi hari ini juga bisa berfungsi sebagai pengganti sarapan atau makan pagi sebelum kuliah. Apalagi tersedia koran Jawa Pos yang bisa dibaca. Para pengunjung bisa ngopi sambil membaca koran untuk melihat berita utama di hari ini dan menambah informasi update tiap harinya.

Suasana di Warung Kopi Nastain
Suasana saat pagi hari di Warung Kopi Nastain

Nastain menyediakan pilihan minuman yang cukup lengkap dari mulai kopi, teh dan susu dari berbagai merk minuman sachet. Untuk camilan, biasanya tersedia aneka macam gorengan seperti ote-ote, tahu isi, tempe hingga krupuk dan jajanan khas lain dengan harga yang cukup terjangkau. Mahasiswa juga bisa memesan menu mi telur plus nasi untuk mengatasi rasa lapar mereka. Belakangan juga terdapat penjual soto ayam yang berjualan di situ sehingga pengunjung juga bisa memesan menu soto sambil menikmati minuman yang dipesan di warung Nastain ini.

Kedai kopi ini akan mulai buka sejak pagi hari tepatnya sekitar sebelum pukul 06.00 pagi. Untuk waktu tutup memang tidak pasti, namun biasanya warkop Nastain akan tutup sampai melewati waktu tengah malam bisa jam 1 atau sampai jam 3 pagi. Waktu malam hingga dini hari kedai kopi ini juga masih tetap ramai dikunjungi oleh para pembeli. Di waktu Maghrib, biasanya warung kopi ini akan tutup untuk sementara dan kemudian baru akan buka lagi sekitar pukul 19.00 atau setelah masuk waktu Isya.

Sejak beberapa bulan terakhir, warung kopi Nastain ini memang berganti nama menjadi warung kopi Putera Tunggal. Sebelumnya nama Nastain diambil dari nama pemilik warung. Entah apa alasan terkait pergantian nama baru ini. Pergantian nama juga diiringi dengan menambah fasilitas Wi-Fi gratis. Sebelumnya tidak tersedia fasilitas tersebut. Meski namanya sudah berganti, namun embel-embel nama Nastain masih tetap melekat di kalangan pelanggan setia sehingga meski namanya sudah berubah dengan sebutan Putera Tunggal, mereka tetap menyebut tempat ngopi ini tersebut dengan nama warung kopi Nastain.

Lokasi yang pas dan juga strategis juga turut membuat warung kopi Nastain ini menjadi favorit banyak pelanggan. Warkop ini terletak di daerah Keputih di dekat kawasan mayoritas tempat kos mahasiswa ITS dan Hang Tuah. Apalagi banyak tempat-tempat strategis seperti ATM Bank, Indomaret, percetakan PrintKu atau supermarket Sakinah yang letaknya berdekatan dengan warung kopi ini. Jalanan di depan warung Nastain juga banyak dilewati oleh mahasiswa yang lalu lalang. Di warung kopi ini juga tersedia TV meskipun TV tersebut jarang dinyalakan oleh pemilik tempat ngopi ini.

Meski begitu terdapat beberapa kekurangan juga, salah satunya adalah tempat parkir yang minim sehingga tidak dapat menampung banyak kendaraan bermotor. Saat ramai, pengunjung terpaksa memarkir sepeda motor di tempat seadanya, bahkan terkadang hingga meluber ke jalan. Kekurangan lain adalah secara tata letak, dimana kedai kopi ini memang bisa dibilang tidak terlalu luas. Di sini hanya ada sekitar lima meja besar. Selain itu hanya ada satu colokan listrik saja yang tersedia di bagian tengah, sehingga tidak semua tempat mendapat akses untuk melakukan recharge listrik.

So, secara keseluruhan warung kopi Nastain ini meamang menjadi salah satu kedai untuk ngopi yang digemari oleh mahasiswa di sekitar daerah Keputih, Surabaya. Warkop ini pun selalu ramai dikunjungi sampai malam hari, dan menjadi pilihan ngopi enak terutama saat pagi hari sebagai pengganti sarapan sebelum beraktivitas tiap harinya. Mahasiswa ITS pun tak lengkap jika belum pernah ngopi dan nongkrong di sini.

Review Warung Kopi Nastain


  • Nama: Warung kopi Nastain / Warung kopi Putera Tunggal
  • Alamat : Keputih, Sukolilo, Surabaya
  • Jam buka : 6 pagi - lewat tengah malam
  • Wi-Fi : Ada
  • TV : Ada (lokal)
  • Tempat duduk : Kursi
  • Kamar mandi : Ada
  • Rating : 4/5

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon