Warung Bu Umi, Tempat Ngopi di Pojok Perempatan

Sebagai salah satu daerah yang dekat dengan kawasan kampus, kelurahan Keputih memang menjadi salah satu daerah yang cukup padat permukiman di kota Surabaya. Alhasil, berbagai jenis usaha jualan hampir pasti ada disini untuk memenuhi kebutuhan warga atau mahasiswa di sekitar Keputih, termasuk tentunya usaha warung kopi. Faktanya memang terdapat banyak kafe atau warung di daerah ini, terutama di daerah sekitar Jalan Raya Arief Rachman Hakim. Salah satu kedai warung kopi yang berdiri di sekitar kawasan tersebut adalah warung kopi Bu Umi.

Warung kopi Bu Umi merupakan salah satu tempat ngopi yang menerapkan konsep sederhana dan tradisional. Dari namanya saja, tentu kita langsung tahu dengan jelas bahwa pemilik dari warung kopi tersebut adalah Bu Umi. Dengan konsep warung terbuka di luar ruangan, tempat ini memang terlihat sangat tradisional dibanding dengan tempat ngopi lain yang lebih baru yang biasanya dibuat dengan berbagai desain interior ruangan yang unik dan mencolok. Meski begitu warung ini lumayan ramai dikunjungi oleh pembeli tiap saat, dari mulai jam buka awal saat pagi hari hingga waktu malam hari sekalipun.

Suasana Ngopi di Warung Bu Umi
Suasana Saat Ngopi di Warung Bu Umi

Lokasi dari warung ini sendiri memang cukup unik dan termasuk cukup strategis untuk bisa menarik banyak pelanggan, yaitu berada di pojok perempatan dekat kawasan MERR (Middle East Ring Road). Letaknya berada di jalan setapak, lebih tepatnya di Jalan Raya Arief Rachman Hakim No. 21. Meski termasuk sempit, namun jalan tersebut merupakan jalan tembusan utama yang langsung menghubungkan Jalan Raya Arief Rachman Hakim dan Jalan Ir. H. Soekarno. Jalan tembusan ini pun cukup sering dilalui oleh kendaraan roda dua, baik sepeda atau sepeda motor. Tak heran meski tempatnya termasuk tersembunyi dan tidak terlalu terlihat dari jalan utama, namun warung kopi Bu Umi ini tetap ramai dan mampu menarik banyak pelanggan.
Baca : Bakoel STMJ, Warung Kopi Nyaman di Lokasi Tersembunyi
Banyak kendaraan sepeda motor yang melewati jalan itu untuk menghindari perempatan karena biasanya akan terjebak lampu merah. Apalagi di perempatan Jln. Arief Rachman Hakim ini tidak boleh belok kiri langsung dan lampu merahnya terkenal cukup lama, sehingga jika akan belok kiri menuju Jln. Ir. H. Soekarno, biasanya harus menunggu 1-2 menit jika terjebak lampu merah. Untuk mengatasinya, pengendara sepeda motor biasa memilih melewati jalan alternatif ini, dimana warung kopi Bu Umi berdiri.

Letaknya yang berada di antara dua jalan dekat perempatan membuat tempat ngopi ini sering dijuluki sebagai warung kopi pojok perempatan. Dengan ngopi disini kita pun bisa melihat view yang cukup unik, yaitu kondisi jalanan perempatan yang menghubungkan empat jalan besar. Kita bisa melihat ekspresi orang-orang yang sedang menunggu lampu merah atau kendaraan bermotor lain yang lalu lalang di jalanan. Tempat dari warung Bu Umi pun dekat dengan perkampungan dan permukiman penduduk sehingga tak sedikit warga sekitar yang jalan kaki untuk ngopi disini.

Disini fasilitas yang ada pun cukup memadai. Misalnya tempat parkir yang cukup luas untuk beberapa sepeda motor. Selain itu terdapat cukup banyak meja dan kursi panjang yang ada sehingga cukup jika dikunjungi beberapa orang. Meski terlihat tradisional layaknya warung kopi jaman dulu, namun di warung Bu Umi juga menyediakan fasilitas Wi-Fi agar terhubung dengan jaringan internet. Banyak pengunjung yang berselancar di internet lewat hp atau smartphone mereka saat sedang ngopi di kedai milik Bu Umi ini. Terdapat juga koran Jawa Pos yang bisa dibaca untuk memperbarui informasi terbaru di pagi hari.

Di warung Bu Umi ini juga menyediakan sejumlah menu andalan khas warung kopi lain, seperti kopi hitam atau es teh, disamping aneka minuman dan gorengan lainnya. Satu yang berbeda dari tempat lain adalah adanya berbagai jajanan kue dan roti kemasan yang biasanya dijual disini dengan harga yang cukup murah dan lumayan terjangkau. Tempatnya yang cukup tradisional juga menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa pengunjung.

Dengan lokasinya yang berada di pojok perempatan, warung kopi Bu Umi ini pun cukup banyak menarik pembeli untuk ngopi disini. Tempat ini pun cukup enak tempat ngopi, apalagi fasilitas dan jajanan yang disediakan tidak kalah dari kedai dan kafe lain yang mungkin terlihat lebih bagus. So, warung kopi Bu Umi ini pun jadi opsi bagi yang ingin ngopi dengan asik dan tenang yang dekat dengan perempatan.

Review Warung Kopi Bu Umi


  • Nama: Warung kopi Bu Umi
  • Alamat : Jln. Arief Rachman Hakim No. 21, Keputih, Surabaya
  • Jam buka : pagi-malam
  • Wi-Fi : Ada
  • TV : Ada
  • Tempat duduk : Kursi
  • Kamar mandi : Tidak ada
  • Rating : 3/5

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon