Warkop Hilal, Tempat Ngopi Favorit yang Strategis

Ketika banyak bermunculan warung kopi yang jumlahnya kini tak bisa dibilang sedikit, persaingan bisnis ini menjadi semakin ketat. Tentu kedai kopi dan kafe yang memiliki inovasi dan keunikan sendiri menjadi lebih diminati pengunjung. Sejumlah aspek penting lain juga menunjang kesuksesan sebuah kedai warung kopi agar tak sepi pengunjung. Hal yang harus diperhatikan bagi pemilik warung kopi antara lain adalah lokasi, fasilitas, jam buka hingga layanan yang disediakan warung tersebut. Warung kopi Hilal adalah salah satu tempat kopi yang tidak pernah sepi, bahkan selalu ramai dikunjungi oleh para pembeli tiap saat.

Dari segi lokasi, kedai kopi ini terbilang cukup strategis. Warkop Hilal berada di Jalan Klampis Harapan No. 133, Klampis Ngasem, Surabaya. Letaknya berada cukup dengan dengan kampus Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) dan juga tak terlalu jauh dengan beberapa kampus swasta seperti UNTAG, Unitomo, STIE Perbanas yang berada di daerah Semolowaru serta kampus Hang Tuah dan ITS Surabaya yang berada di daerah Keputih. Selain itu tidak banyak warung kopi lain yang berdekatan dengan warkop Hilal ini.

Foto Depan Warkop Hilal
Warkop Hilal Tampak Dari Depan

Posisinya yang dekat dengan banyak perguruan tinggi di Surabaya membuat letak kedai kopi ini menjadi strategis, mengingat pangsa pasar utama dari warung kopi adalah mahasiswa dan remaja. Memang di sekitar warung Hilal terdapat beberapa tempat nongkrong lain, seperti di Pujasera, Circle K atau tempat makan Mie Setan. Namun target dan sasaran tempat-tempat tersebut jelas sangat berbeda dengan sebuah warung kopi.

Warung kopi tentu memiliki segmentasi khusus yang berbeda dengan orang-orang yang memilih nongkrong di tempat-tempat yang disebutkan di atas. Apalagi jam buka dari kedai kopi ini adalah 24 jam alias tidak pernah tutup. So berbeda dengan tempat tempat nongkrong di atas yang tutup saat malam hari, warung Hilal terus buka 24 jam. Alhasil, bisa dibilang jika di daerah tersebut, warung kopi Hilal menjadi salah satu tempat nongkrong paling favorit.

Memang, warung Hilal pun memiliki tempat yang tidak bisa dibilang luas. Namun ngopi di sini menghadirkan sensasi unik yang berbeda. Tempatnya yang cukup enak ditambah ruang terbuka sehingga bisa melihat keadaan jalanan menjadi lebih asik. Beberapa menu minuman standar seperti kopi, teh, susu dan lain-lain juga ada. Selain itu sejumlah cemilan khas tepat ngopi lain seperti aneka kacang, krupuk atau gorengan juga ada. Ada juga nasi bungkus yang biasanya turut dijual di warung kopi Hilal ini.

Fasilitas internet alias Wi-Fi juga ada di kedai kopi Hilal. Banyak mahasiswa yang memilih tempat ini untuk mengejarkan tugas tugas kuliah karena didukung dengan koneksi internet yang cukup kencang. Namun satu kekurangan yang ada, untuk menggunakan charger laptop di warkop Hilal akan dikenakan biaya tambahan sebesar 3000. Ada baiknya kamu mengisi dulu daya baterai laptop dari kos atau rumah jika ingin membawa laptop di warkop Hilal ini. Hanya laptop saja yang dikenakan biaya charger, tidak termasuk perangkat gadget lain seperti handphone/smartphone.

Warkop Hilal sendiri sempat berpindah tempat, namun masih dalam satu area. Sebelumnya, warung kopi ini berada di Jalan Deles yang berjarak beberapa meter dengan Jalan Klampis Harapan, tempat warung kopi Hilal yang sekarang. Namun warung Hilal akhirnya pindah dari Jalan Deles ke Jalan Klampis Harapan seperti sekarang. Hal ini kemungkinan disebabkan karena kontrak tempat yang lama tidak diperpanjang. Jarak antara warung kopi Hilal lama dan warung kopi Hilal yang baru hanya beberapa meter saja, kira-kira berjarak 6-8 rumah.

Hal ini membuat pengunjung yang biasanya ngopi di warung Hilal lama tak kesulitan mencari kedai kopi Hilal yang baru. Di tempat yang baru ini juga ditunjang dengan tempat parkir yang lebih luas dan penambahan fasilitas kursi-meja lebih banyak. Sedangkan tempat Hilal yang lama kini telah disewa orang lain dan telah berdiri kedai kopi baru. Meski begitu, warung kopi Hilal tetap lebih ramai dan lebih banyak dikunjungi dibanding warung kopi baru tersebut. Tentu pengunjung lama Hilal masih setia untuk nongkrong di tempat Hilal yang baru.

Secara umum kedai kopi Hilal ini menjadi salah satu tempat ngopi favorit di Surabaya. Tentu ditinjau dari segala aspek, tempat ngopi ini memang layak jika disebut sebagai tempat ngopi yang selalu ramai akan pengunjung mengingat Hilal menjadi tempat nongkrong paling favorit di sekitar lokasi tersebut. So tidak ada salahnya untuk nongkrong di sini saat ada waktu luang.

Review Warung Kopi Hilal


  • Nama: Warung kopi Hilal
  • Alamat : Jalan Klampis Harapan No. 133, Klampis Ngasem, Surabaya
  • Jam buka : pagi-malam (24 jam)
  • Wi-Fi : Ada
  • TV : Ada
  • Tempat duduk : Kursi
  • Kamar mandi : Tidak Ada
  • Rating : 3/5

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon