Nikmati Kopi Nusantara di Kedai Joyo Sastro

Sering kali kita jumpai kafe atau warung kopi yang ada di kota Surabaya, namun kebanyakan warung kopi yang ada hanya menyediakan menu standar yang itu-itu saja. Ya, beberapa menu kopi standar seperti kopi hitam, kopi susu atau aneka kopi sachet seperti Torabika dan ABC banyak ditemui di tiap warung kopi. Hal ini mungkin belum ditambah menu default lain seperti teh dan minuman lain. Namun tentu kopi menjadi menu utama di tiap kafe dan kedai. Kedai Joyo Sastro mungkin sedikit berbeda dengan warung kopi lainnya karena di kedai kopi ini disediakan banyak pilihan dan variasi menu kopi dari seluruh Nusantara.

Kedai ini berlokasi di Jalan Keputih Tegal, Keputih, Surabaya. Lokasinya yang berada di pinggir jalan utama membuat warung kopi ini menjadi cukup strategis. Kedai kopi ini sendiri bisa dibilang masih baru karena baru didirikan di akhir tahun 2016 lalu. Saat itu tentu sudah banyak kedai dan warung kopi lain di sekitar, mengingat daerah Keputih berdekatan dengan kampus ITS dan Universitas Hang Tuah sehingga banyak mahasiswa yang tinggal di sekitar daerah tersebut.

Suasana di Kedai Joyo Sastro
Suasana di Kedai Joyo Sastro

Meski terbilang sebagai warung kopi baru, namun pemilik Joyo Sastro memiliki taktik dan strategi khusus untuk mendatangkan banyak pengunjung. Yang paling utama tentu dari pilihan menu yang bervariasi. Di sini, kopi yang ditawarkan bukan hanya kopi yang itu-itu saja. Terdapat banyak variasi dan pilihan kopi dari berbagai daerah di Indonesia yang membuat kedai ini menjadi unik. Hal ini yang kemudian menjadi faktor pembeda kedai Joyo Sastro dengan warung dan kafe lain.

Beberapa contoh varian kopi yang disediakan di Joyo Sastro antara lain adalah kopi Robusta Bali Pupuan, kopi Robusta Sumatra Sidikalang, kopi Robusta Fine Florest, kopi Robusta Lanang, kopi Arabika Java dan kopi Arabika Toraja Kalosi. Meski dengan harga yang agak lebih tinggi dibanding menu standar lain, namun nyatanya banyak pengunjung yang datang ke Joyo Sastro yang memesan menu-menu favorit tersebut. Joyo Sastro juga menyediakan menu makanan sebut saja seperti nasi bungkus, krupuk dan goreng-gorengan.

Selain keunggulan dari segi pilihan menu, Joyo Sastro juga memiliki koneksi internet yang cukup kencang. Para pembeli juga kerap memanfaatkan Wi-Fi di sini dengan perangkat gadget masing-masing. Terdapat banyak stopkontak listrik juga yang tersedia di hampir tiap tempat duduk yang bisa digunakan oleh pembeli. Khusus untuk charger laptop akan dikenakan biaya tambahan sebesar 3000 rupiah karena daya charge laptop yang besar, sedangkan untuk charger gadget lain seperti handphone/smartphone tidak dikenakan biaya alias bebas digunakan.

Tempat dan ruang di kedai Joyo Sastro sebenarnya juga tidak terlalu luas, jika tidak mau dibilang sempit. Hal ini membuat kedai ini terlihat cukup minimalis. Tata ruang dari warung kopi Joyo Sastro ini memang dibuat seminimalis mungkin, dengan ruang yang sempit namun cukup untuk menaruh beberapa tempat duduk untuk pembeli. Jika dilihat dari depan pun, kedai ini sebenarnya tidak terlalu mencolok. Adanya banner besar bertuliskan nama kedai ini yang kemudian membuat kedai Joyo Sastro mulai dikenal.

Selain ruang yang sempit, kekurangan lain dari kedai Joyo Sastro adalah masalah lahan untuk tempat parkir. Seperti diketahui lahan parkir di depan kedai ini sangat sempit dan hanya bisa ditempati sekitar empat sampai lima sepeda motor saja. Jika ada yang lebih harus diparkir sampai melebar ke lahan di sebelah kedai Joyo Sastro ini. Bahkan jika sedang ramai, terkadang ada parkir sepeda motor yang sampai meluber sehingga agak sedikit memotong jalan raya.

Meski memiliki beberapa kekurangan, nyatanya kedai Joyo Sastro ini juga selalu ramai akan pengunjung. Rata-rata mereka memilih ngopi di sini karena banyaknya variasi menu kopi dan minuman lain yang tersedia. Sementara ada juga yang ke sini karena tempatnya yang enak dijadikan sebagai tempat nongkrong. Letaknya yang cukup strategis membuat kita bisa ngopi disini sambil melihat pemandangan di Jalan Keputih Tegal yang banyak dilalui kendaraan bermotor yang lalu lalang setiap harinya.

So secara overall, kedai kopi Joyo Sastro merupakan salah satu pilihan tempat ngopi yang ada di daerah Keputih, Surabaya. Dengan ruang yang minimalis, pembeli bisa menikmati kopi dari seluruh Nusantara serta banyaknya pilihan dan variasi minuman lain yang tidak selalu bisa ditemukan di warung kopi lain. Kedai ini pun cukup ramai akan pembeli yang rata-rata memilih tempat ini karena banyaknya variasi minuman yang disediakan di kedai Joyo Sastro ini.

Review Warung Kopi Joyo Sastro


  • Nama: Warung kopi Joyo Sastro
  • Alamat : Jln. Keputih Tegal, Keputih, Surabaya
  • Jam buka : pagi-malam
  • Wi-Fi : Ada
  • TV : Ada
  • Tempat duduk : Kursi
  • Kamar mandi : Tidak Ada
  • Rating : 3,5/5

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon