Ngopi Pinggir Kali dengan View Bagus di Warkop Dahlia

Saat ini, aktivitas ngopi bisa diartikan dalam banyak makna, selain minum kopi, arti lain dari kata ngopi adalah nongkrong bersama teman-teman di suatu tempat. Tentu kita akan lebih memilih ngopi di tempat yang unik dan berbeda dengan suasana yang enak. Untuk itu, suatu kedai kopi harus menyajikan hal yang berbeda dan unik dibanding warung lain agar menjadi tempat yang enak untk ngopi serta memiliki ciri khas tersendiri. Lebih bagus lagi jika warung menyediakan view pemandangan yang bagus sehingga pengunjung bisa ngopi sambil menikmati view yang ada. Warung kopi Dahlia mungkin menjadi salah satu warkop dengan view yang cukup bagus.

Lokasi warung kopi Dahlia ini berada di Jalan Semampir AWS No. 21, Medokan Semampir, Sukolilo, Surabaya. Letaknya cukup dekat dengan jembatan dan perempatan di dekat kampus Stikom (Sekolah Tinggi Ilmu Komputer) Surabaya. Secara geografis, letak kedai kopi ini sebenarnya memang tidak terlalu strategis karena letaknya yang berada di jalanan sempit, bukan di jalan utama. Apalagi jika waktu malam hari penerangan di jalan ini juga masih minim.

Foto Warkop Dahlia Dari Seberang Jalan
Penampakan Warkop Dahlia dilihat dari seberang jalan

Sepintas warung Dahlia ini tidak ada bedanya dengan warung kopi tradisional lain. Minuman yang disediakan pun sudah selayaknya ada di warung lain, termasuk kopi dan teh. Ada juga jajan gorengan, kacang atau aneka krupuk yang tersedia. Sebagai tambahan, jika pagi hari warkop Dahlia juga menyediakan menu makanan nasi dan lauk pauk lain. Banyak orang yang sarapan disini sebelum memulai aktivitas di pagi hari.

Satu hal yang menjadi keunggulan utama dari warung kopi ini adalah adanya view bagus yang ada di sekitarnya. View tersebut sebenarnya tidak bisa dilihat secara langsung jika kita ngopi di tempat duduk yang disediakan di warkop Dahlia. Di seberang jalan warung ini ada semacam area lahan rerumputan tinggi yang memanjang sepanjang jalan Semampir AWS yang tepat berada di pinggir bantaran sungai (atau kali). Sungai yang ada di depan adalah sungai Jagir atau kali Jagir.

Para pengunjung pun bisa memesan kopi di warung Dahlia ini lalu membawanya untuk dibawa ngopi di area ini. Ya, memang lebih enak untuk ngopi di area kosong ini karena view yang bisa dilihat sangat bagus. Pemilik warung kopi juga tidak mempermasalahkan hal tersebut dan memperbolehkan pengunjung untuk ngopi di area tersebut. Pemilik memang sadar bahwa hal tersebut yang menjadi salah satu keunggulan warung kopi Dahlia.

Pemandangan yang tersedia dari area tersebut memang cukup bagus. Mulai dari aliran sungai Jagir yang tenang hingga aktivitas di jalanan yang terlihat dari jauh. Jarak pandang pemandangan yang bisa kita lihat memang sangat jauh karena tidak ada bangunan tinggi di sekitar daerah tersebut. Kita bisa melihat jembatan dekat Stikom yang jaraknya cukup jauh beserta gedung dan hotel pencakar langit yang ada dalam radius hampir 1 km. Kita juga bisa melihat jalanan dan gedung gedung lain di seberang jalan sungai, yaitu Jalan Raya Kedung Baruk yang menuju ke arah daerah Rungkut. Radius jarak pandang yang luas memang menjadi faktor plus ngopi di sini.

Malam hari mungkin menjadi momen yang paling tepat untuk ngopi di area dekat warkop Dahlia ini. Karena ruang terbuka, jika siang hari cuaca mungkin agak panas sehingga tidak terlalu direkomendasikan. Untuk itu akan lebih asik jika ngopi disini saat malam hari. Saat malam kita bisa melihat gemerlap lampu di gedung gedung pencakar langit dari jauh yang terlihat dan menambah suasana malam dengan view yang apik. Tentu hal ini bisa dilakukan jika sedang tidak hujan.

Selain itu, warung kopi Dahlia juga menyediakan fasilitas internet Wi-Fi. Untungnya, Wi-Fi ini jangkauannya termasuk cukup luas. Artinya meski kita ngopi di area lahan kosong di seberang warung kopi Dahlia, fasilitas Wi-Fi ini masih sampai dan masih bisa digunakan dengan baik dan lancar. So, kita bisa berselancar ria di internet sambil menikmati pemandangan yang ada.

Kedai kopi Dahlia pun menjadi tempat ngopi yang tepat bagi yang ingin melihat view pemandangan pinggir sungai yang bagus. Akan lebih tepat lagi jika berkunjung di kedai Dahlia ini saat malam hari untuk menikmati suasana gemerlap lampu di malam hari dengan kondisi yang sepi dan sunyi namun tetap asik dan berwarna.

Review Warung Kopi Dahlia


  • Nama: Warung kopi Dahlia
  • Alamat : Jalan Semampir AWS No. 21, Medokan Semampir, Sukolilo
  • Jam buka : pagi-malam (buka 24 jam)
  • Wi-Fi : Ada
  • TV : Ada
  • Tempat duduk : Kursi (terdapat area kosong di seberang warung untuk tempat ngopi) 
  • Kamar mandi : Ada
  • Rating : 4/5

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon