Salman Caffe, Tempat Ngopi Luas Cukup Untuk Ratusan Pengunjung

Salman merupakan nama yang identik dengan nama nama di daerah India atau Timur Tengah. Kita tahu Raja Salman yang menjadi raja di negara Arab Saudi atau pun aktor India bernama Salman Khan yang terkenal. Namun Salman yang akan kita bahas kali ini berbeda karena merupakan nama sebuah warung kopi yang ada di kota Surabaya. Salman Coffee lebih tepatnya, adalah kedai kopi di daerah Jl. Raya Tempurejo No.44, Dukuh Sutorejo, Mulyorejo. Tempat ngopi ini termasuk baru didirikan, tepatnya di awal tahun 2017 lalu.


Daerah sekitar tempat ini berdiri memang tidak terlalu ramai. Bahkan jalanan di depannya cenderung agak sepi saat malam hari, terutama dikarenakan minimnya lampu penerangan jika dibandingkan dengan tempat lain yang agak berdekatan misalnya di Jalan Raya Mulyosari. Meski begitu warung kopi ini tidak kehilangan pengunjung. Lokasi yang tidak terlalu strategis tersebut ditutupi oleh banyak kelebihan yang diusung kedai ini sejak pertama kali berdiri.

Warung Kopi Salman Caffe
Suasana Ngopi di Warung Salman Caffe Surabaya

Kelebihan utama yang paling menonjol dari Salman Caffe tentunya adalah tempatnya yang sangat luas. Ya, area warung kopi Salman Caffe memang luas, bahkan sangat luas dibanding standar warung kopi pada umumnya. Meski tempatnya agak menjorok ke dalam dan tidak terlalu terlihat dari jalan raya, namun warung kopi Salman Caffe ini memanjang ke belakang dengan luas area yang besar.

Di kedai kopi ini terdapat banyak meja dan kursi yang tersedia. Jika dihitung kira-kira terdapat 45 meja dan lebih dari 80 kursi. Perkiraan total pengunjung yang bisa tertampung di kedai kopi ini bisa mencapai lebih dari 150 pengunjung. Artinya, kedai kopi ini bisa dikunjungi hingga ratusan orang tanpa khawatir tidak akan kebagian tempat. Tentu angka tersebut terbilang sangat banyak, bahkan untuk standar warung kopi luas lain. Biasanya sebuah warung kopi paling banyak hanya bisa menampung puluhan orang saja.

Memang banyak warung kopi lain yang selalu ramai dikunjungi, namun tidak didukung dengan tempat yang luas. Akibatnya, banyak pengunjung yang tidak jadi ngopi di sana karena tahu bahwa semua tempat duduk di kedai kopi tersebut sudah ditempati. Kejadian-kejadian seperti ini rasanya tidak akan ditemui di Salman Caffe. Jaminan adanya tempat duduk kosong selalu dirasakan pengunjung yang akan nongkrong disini. Parkir yang disediakan di Salman Caffe juga tak kalah luas. Hampir puluhan sepeda motor bisa diparkir berjajar di tempat parkir yang ada disini.

Salman Caffe pun menyediakan tempat yang nyaman meski masih mengusung tema warung tradisional. Tempat yang disediakan pun tidak full berada dalam ruangan sehingga atmosfer outdoor masih bisa dirasakan. Meski luas, namun ada beberapa hal yang harus digarisbawahi, contohnya seperti kursi yang disediakan yang dirasa agak terlalu kecil. Selain itu alas tempat ngopi masih agak kotor karena terintegrasi dengan tanah yang ada di tempat parkir.

Lalu apa saja fasilitas yang ada si Salman Caffe selain tempat ngopi dan parkir yang luas? Wi-Fi jelas menjadi kebutuhan wajib dan fasilitas tersebut juga disediakan disini. Ada juga TV, namun karena ruang yang luas fasilitas ini hanya bisa dilihat di tempat yang dekat dengan TV. Sejumlah kipas angin juga dipasang untuk menciptakan suasana sejuk. Colokan juga disediakan di kursi yang dekat dengan tembok. Namun ada aturan khusus di tempat ini dimana jika kita melakukan recharge pada laptop akan dikenaka biaya ekstra.

Hal yang menonjol dari kedai kopi ini adalah adanya banner besar bertuliskan dilaran membawa minuman keras dan narkoba. Imbauan ini pun dirasa perlu disampaikan untuk menghindari kesan negatif bagi pengunjung di warung kopi. Di Salman Caffe kita bisa menikmati minuman yang disediakan dengan harga terjangkau. Selain menu standar, disini juga ada berbagai gorengan dan cemilan lain serta nasi bungkus yang bisa dinikmati mulai pagi hingga malam sekalipun.

Sebagai salah satu tempat ngopi baru di daerah Mulyorejo, awalnya memang Salman Caffe tidak banyak dikunjungi. Namun seiring berjalannya waktu, mulai banyak remaja dan mahasiswa yang nongkrong disini. Tempat yang luas jelas menjadi kesan pertama saat ngopi disini sehingga kita bisa nongkrong tanpa takut tidak kebagian tempat. Dengan adanya fasilitas penunjang lain, ngopi di Salman Caffe akan menjadi hal yang unik dibanding dengan tempat ngopi lain. Patut dicoba untuk yang berada di kota Surabaya.

Review Warung Kopi Salman Caffe


  • Nama: Warung kopi Salman Caffe
  • Alamat : Jl. Raya Tempurejo No.44, Dukuh Sutorejo, Mulyorejo
  • Jam buka : pagi - malam
  • Wi-Fi : Ada
  • TV : Ada 
  • Tempat duduk : Kursi
  • Kamar mandi : Ada
  • Rating : 4/5

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon