Aneka Kuliner di Kawasan Danau UNESA Lidah Wetan

Sebagai kota besar, tentu banyak jalan dan daerah di Surabaya yang ramai dan kerap dijadikan destinasi nongkrong masyarakat. Jalan Raya Babatan, Lidah Wetan, Wiyung merupakan salah satu jalan yang cukup ramai di kota Surabaya. Hal ini dikarenakan di sepanjang pinggir jalanan tersebut dijadikan sebagai tempat berjualan dari berbagai penjual makanan dan minuman. Saking terkenalnya, kawasan Jalan Babatan di Lidah Wetan ini menjadi salah satu tempat wisata kuliner terkenal di Surabaya.

Jalan Raya Babatan ini memang dekat dengan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) kampus Lidah Wetan. Di pinggir jalan juga terdapat danau besar yang sering disebut sebagai danau UNESA. Kompleks dekat kawasan danau UNESA ini juga kerap ramai, apalagi letaknya yang dekat dengan perumahan elit Citraland. Mulai sore hari, banyak ditemui penduduk sekitar yang menghabiskan waktu dengan nongkrong di dekat danau UNESA tersebut. Mereka banyak yang berolahraga lari, memancing ikan di danau atau hanya duduk duduk saja sambil refreshing menikmati waktu luang.


Kawasan Danau UNESA, Lidah Wetan
Suasana di Kawasan Danau UNESA, Lidah Wetan

Saat malam hari, area dekat danau UNESA seakan menjadi tempat wisata kuliner. Di sepanjang jalan raya Babatan bisa ditemui puluhan penjual kuliner, baik makanan atau minuman, dengan gaya kaki lima dan gerobak seadanya. Variasi kuliner yang disediakan juga sangat beragam. Mulai dari makanan berat, jajanan ringan hinga menu minuman khas warung kopi, semuanya bisa ditemui disini. Orang yang datang hanya tinggal memilih ingin beli jajanan yang mana. Tempat yang disediakan memang terkesan seadanya, namun suasana yang bagus didukung view pinggir danau membuat tempat ini selalu ramai dipenuhi orang-orang yang nongkrong.

Sejumlah penjual makanan yang tersedia sudah standby sejak waktu petang. Mereka menempati stand masing-masing di pinggir jalan dekat danau UNESA. Selain itu juga ada yang berjualan di seberang jalan lain. Jalan Babatan memang sangat lebar sehingga kehadiran para penjual beserta stand kaki lima yang ada ini tidak menganggu lalu lintas jalanan. Tempat duduk lesehan pun disediakan di trotoar jalan dengan alas karpet seadanya yang disediakan tiap tiap penjual. Lesehan di trotoar ini pun berbatasan langsung dekat danau UNESA.

Lantas apa saja yang bisa dibeli disini? Tentu ada banyak ragamnya. Berbagai makanan berat yang bikin kenyang ada, contohnya seperti nasi goreng, bakso, mie ayam, sate hingga gado gado. Ada juga sejumlah jajanan ringan untuk mengisi perut, sebut saja seperti pentol, gorengan, tahu krispi atau pun buah-buahan. Sebagai tambahan, banyak menu khas kedai dan warung kopi yang bisa dipesan seperti kopi, teh dan minuman lain.

Varian menu yang banyak dan lengkap membuat kawasan kuliner dadakan di dekat danau UNESA ini menjadi begitu terkenal di seantero Surabaya. Orang-orang biasa menyebutnya sebagai kuliner danau UNESA atau kuliner lidah wetan. Apa pun sebutannya, tempat ini kerap dikunjungi orang-orang dari seluruh penjuru Surabaya. Mereka menghabiskan waktu malam hari dengan nongkrong di sini.

Selain banyaknya variasi makanan yang bisa dibeli, view dan suasana yang bagus jelas menjadi nilai positif utama. Memang danau ini tidak bisa dibilang bersih, selain itu saat malam hari juga minim penerangan lampu. Meski begitu adanya danau besar di pinggir jalan ini menjadi salah satu penambah daya tarik. Ya, kapan lagi kita bisa makan dan ngopi dekat dengan danau di kota Surabaya? Suasana malam hari dengan angin sepoi-sepoi pinggir danau bisa kita nikmati. Jalan raya di depan juga banyak dilewati kendaraan, membuat suasana nongkrong disini menjadi lebih enak.

Para penjual yang ada disini biasanya akan mulai tutup mulai pukul 11 malam, Waktu yang paling tepat untuk nongkrong disini adalah antara jam 8 sampai jam 10 malam. Saat saat tersebut menjadi waktu yang tepat karena sudah banyak penjual yang berjualan dan pengunjung yang datang sudah tidak terlalu ramai dibandingkan saat jam 7. Kebanyakan makanan yang disediakan disini pun disediakan dengan harga yang murah dan terjangkau, apalagi banyak pengunjung yang berasal dari kalangan mahasiswa, terutama mahasiswa UNESA yang memang letaknya sangat dekat.

Warga Surabaya yang ingin mencari referensi tempat nongkrong saat malam hari pun bisa mencoba tempat ini. Entah apa pun sebutannya, yang jelas tempat kuliner sekitar danau UNESA ini bisa jadi solusi bagi yang ingin cari makanan dan jajanan dengan suasana enak di pinggir danau saat malam hari.

Review Kuliner Sekitar Danau UNESA


  • Nama: Kuliner sekitar danau UNESA (tidak resmi)
  • Alamat : Jl. Raya Babatan Unesa, Lidah Wetan, Wiyung
  • Jam buka : malam hari
  • Wi-Fi : Tidak ada
  • TV : Tidak ada
  • Tempat duduk : Lesehan
  • Kamar mandi : Tidak ada
  • Rating : 3,5/5

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon