7 Cara Ampuh Promosi Usaha Warung Kopi

Usaha apapun yang akan dijalankan, tentunya kita sebagai palku usaha haruslah memikirkan strategi promosi dan pemasaran yang tepat agar bisnis yang dikerjakan sukses dan memperoleh keuntungan. Hal ini juga berlaku pada usaha kedai warung kopi yang kini sedang diminati banyak kalangan. Lihatlah bagaimana warung kopi semakin menjamur dimana mana. Jika dahulu warung kopi agak susah ditemui, kini hampir di setiap sudut jalan selalu ada warung kopi.

Dengan persaingan yang semakin ketat dan banyaknya pelaku usaha yang sama, maka kita dituntut cedar dalam berbisnis. Hal pertama tentu melengkapi fasilitas warung kopi. Lalu mendesain interior dan eksteriornya sedemikian rupa agar menarik mnat pengunjung. Dan yang tidak kalah penting menyediakan menu minuman dan makanan yang lengkap dan khas. Dan setelah semua hal dasar tersebut dilakukan, maka selanjutnya yang merupakan strategi terakhir adalah mempromosikan usaha warung kopi anda kepada masyarakat. Perihal promosi inilah yang akan dibahas pada kesempatan kali ini.

Warung Kopi
Warung Kopi

Tanpa promosi yang baik, bagaimana orang bisa tahu akan adanya warung kopi anda. Mereka mungkin mengetahui keberadaan dan lokasi warung anda, namu mereka tidak tahu apa saja fasiltas dan kelebihan warung kopi anda dibanding yang lain. Dengan promosi anda seolah memberikan informasi kepada pengunjung tentang apa yang akan orang dapat saat datang ke warung anda.

Strategi promosi yang baik bisa menjadi kunci utama di tengah besarnya persaingan dalam usaha ini. Jika urusan emasaran ini bisa dikerjakan dengan baik dan benar, maka usaha warung anda akan ramai pengunjung dengan catatan fasilitas yang anda sediakan lebih unggl atau paling tidak sama dengan pesaing anda. Karena tidak bisa dipungkiri meskipun promosi habis habisan namun jika warung anda kurang fasiltas dan tidak menarik desainnya, maka mereka hanya sekali saja berkunjung dan jangan harap kembali lagi.

So, dari banyak trik promosi yang ada dan bisa dikerjakan. Kira kira mana saja strategi promosi yang paling tepat dan ampuh bagi usaha warug kopi. Berikut ini daftar lengkapnya yang bisa anda coba.

1. Sosial Media

Cara yang pertama adalah cara wajib di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini. Cara ini juga cara paling mudah dan efisien serta gratis tanpa biaya sepeser pun. Anda bisa memanfaatkan berbagai sosial media yang ada seperti Facebook, Twitter, Instagram serta Google+. Saya yakin siapapun bisa melakukan promosi dengan cara ini. Jangkauannya pun sangat luas dan tidak hanya mencakup orang yang anda kenal saja. Dengan media sosial anda bisa mengenalkan bisnis anda kepada calon pengunjung dengan beragam cara dan semuanya gratis. Usaha apapun yang sedang anda kerjakan, maka jangan tinggalkan cara ini dalam pemasarannya termasuk saat membuka usaha warung kopi sekalipun.

2. Buat Website

Seperti yang saya sebutkan diatas bahwa kemajuan teknologi merubah berbagai hal dalam hidup kita. Jika dahulu pemilik website hanya perusahaan besar dengan omzet milyaran. Kini usaha kecil menengah seperti kedai warung kopi atau kafe pun sudah banyak yang memiliki website sebagai alat promosi. Tidak perlu membuat website dengan desain muluk muluk, cukup buat website simpel dengan penjelasan mengenai menu yang disajikan serta foto warung kopi anda. Meski caranya tidak semudah melalui sosial media, membuat website haruslah anda perhitungkan sebagai salah satu sarana promosi yang cukup ampuh.

3. Promo dan Diskon

Jangan lupa pula untuk memberikan diskon dan promo menarik bagi pengunjung warug kopi anda. Keuntungan yang didapat tentu pengunjung tersebut akan kembali lagi dan mereka yang puas akan menceritakan dan memberitahu teman mereka yang belum berkunjung ke warung kopi anda. Bentuk promo dan diskon yang diberikan tentu bervariasi, untuk hal ini silahkan anda berkreasi sendiri. Bisa dengan memberikan potongan harga dengan syarat khusus, ada potongan diskon bagi yang berulang tahun dan lain sebagainya.

4. Memasang Iklan

Cara ini jelas berbayar namun ada hasil yang didapatkan jika anda tepat dan jeli dalam beriklan. Anda bisa di koran, majalah, internet atau radio lokal misalnya. Atau bisa juga beriklan dengan memasang banner dan spanduk besar di pinggir jalan jalan utama kota anda. Semuanya haruslah diperhatikan dengan seksama, jika tidak maka anda hanya rugi karena keluar biaya beriklan saja. Mungkin cara promosi seperti ini hanya cocok untuk warung kopi dengan desain dan menu ala kafe yang memang ditargetkan untuk kalangan menengah misalnya.

5. Membagikan Brosur

Cara promosi selanjutnya adalah dengan membagikan brosur kepada calon pelanggan warung kopi anda. Anda bisa membagikannya di pingir jalan jalan utama kepada pengendara yang lewat atau bisa juga membagikan kepada yang lewat di depan usaha warung kopi anda. Biaya cukup murah karena print dan foto kopi untuk membuat brosur tidak membutuhkan biaya besar.

6. Google Bisnisku

Cara promosi ini juga sangat penting sekali agar warung kopi anda masuk dan terindex di pencarian google dan google maps. Zaman sekarang ini tak sedikit mereka yagn mengandalkan teknologi dalam menemukan sebuah tempat melalui smartphone mereka. Dengan mendaftar di google bisnisku, maka warung kopi anda akan muncul di hasil pencarian google dengan kata kunci tertentu. Di google maps pun lokasi usaha anda akan muncul sehingga mudah dicari pengunjung. Cara daftarnya gratis dan mudah, kami tidak akan membahasnya secara khusus di artikel ini. Banyak artikel di internet yag sudah menjelaskan masalah ini.

7. Dari Mulut ke Mulut

Dan yang terakhir adalah cara tradisional dan cara paling umum dalam strategi promosi. Promosi dari mulut ke mulut bisa dilakukan oleh siapa saja. Anda bisa mulai mempromosikannya dengan memberitahukan kepada kerabat anda, sahabat sahabat anda dan siapapun orang yang anda kenal untuk meminta mereka mampir dan berkunjung di kedai kopi anda. Tak jarang teman anda merekomendasikan kedai kopi anda kepada temannya yang lain. Cara mudah dan gratis ini jelas tidak boleh ketinggalan.

Nah, mungkin itu saja strategi promosi yang bisa dijalankan pemilik usaha warung kopi supaya sukses dan ramai pengunjung. Meski sebenarnya masih banyak lag cara promosi yang bisa dilakukan, namun saya kira ke ujuh cara diatas adalah yang paling tepat dilakukan saat ini. Mungkin jika anda memiliki ide lain seputar promosi bisa menuliskannya di kolom komentar untuk didiskusikan.

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon