Nongkrong Bareng Keluarga Malam Hari di Taman Bungkul

Taman Bungkul dikenal sebagai salah satu taman yang ada di kota Surabaya. Taman ini berada di Jalan Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo. Taman Bungkul merupakan taman kebanggaan masyarakat Surabaya. Memang suasana di Taman Bungkul beda dengan taman taman kota yang ada di Surabaya. Selain areanya yang luas, fasilitas yang tersedia juga lengkap ditambah dengan akses jalan yang mudah ditemui serta lingkungan yang bersih. Bahkan Taman Bungkul pernah dianugerahi penghargaan taman terbaik di Asia Tenggara. Tak heran jika Taman Bungkul seakan menjadi ikon ruang terbuka hijau yang bisa dikunjungi oleh masyarakat kapan saja dengan leluasa di kota Surabaya.

Lantas kapan saat yang tepat untuk berkunjung ke Taman Bungkul? Dengan siapa kita harus pergi ke Taman Bungkul? Bagaimana cara kita bisa sampai ke Taman Bungkul? Dan apa saja yang ada di Taman Bungkul? Tentu bagi warga Surabaya hal hal semacam itu sudah menjadi pengetahuan umum. Popularitas Taman Bungkul memang begitu besar hingga warga luar Surabaya juga banyak yang tahu dan penasaran ingin berkunjung ke sini. Warga Surabaya sendiri tentu sudah hafal dengan taman ini. Rasanya hampir semua warga asli Surabaya pernah berkunjung ke Taman Bungkul minimal sekali.

Suasana Malam Hari di Taman Bungkul
Suasana Nongkrong Pada Malam Hari di Taman Bungkul Surabaya

Lokasi Taman Bungkul termasuk sangat strategis dan berada di wilayah yang masih termasuk pusat kota Surabaya. Taman Bungkul berada di kawasan Darmo, kecamatan Wonokromo. Kawasan Darmo termasuk lokasi yang ramai dengan jalan raya besar yang dilewati banyak kendaraan bermotor lalu lalang serta menghubungkan sejumlah tempat tempat penting di Surabaya. Akses yang mudah ditempuh dari mana saja membuat Taman Bungkul menjadi salah satu taman kota paling strategis di kota Surabaya.

Taman Bungkul dibuka untuk umum dari pagi sampai malam. Saat hari Minggu pada waktu pagi hari, terdapat event Car Free Day di Taman Bungkul. So setiap hari Minggu jalan raya di depan taman ini akan ditutup mulai jam 5 pagi sampai sekitar jam 9-10 pagi untuk event Car Free Day (CFD) tersebut. Sebagai gantinya akan banyak event dan pameran yang ada di taman tersebut. Mulai dari acara senam pagi, lomba berhadiah, stand dari komunitas-komunitas, aneka penjual yang menjajakan dagangannya dan lain-lain.

Suasana Taman Bungkul saat pagi hari menjadi salah satu sarana warga Surabaya untuk olahraga pagi. Mereka bisa jalan-jalan ke sini sambil olahraga atau hanya sekedar refreshing. Acara Car Free Day yang diselenggarakan di taman ini bisa dibilang selalu sukses. Tak heran jika tiap hari Minggu pagi, Taman Bungkul selalu ramai dikunjungi warga dari berbagai penjuru Surabaya.

Namun kali ini kita tidak akan membahas kunjungan Car Free Day di Taman Bungkul, melainkan suasana taman ini saat malam hari. Ya, di waktu malam taman ini pun tetap ramai, bahkan lebih ramai dibanding saat siang atau sore tiap harinya. Warga Surabaya banyak yang memilih untuk jalan-jalan dan nongkrong di Taman Bungkul ini. Biasanya banyak remaja yang nongkrong bareng teman-temannya. Namun tak sedikit juga yang nongkrong bareng keluarga disini. Saat malam hari, sangat banyak dijumpai satu keluarga yang jalan-jalan di Taman Bungkul ini.
Baca : Daftar Tempat Nongkrong di Surabaya Malam Hari
Terdapat sejenis food court dan warung makan yang ada di bagian belakang taman ini saat malam hari yang menjual sejumlah makanan, mulai dari sate, bakso, mi ayam, nasi goreng, rawon, soto dan lain-lain. Aneka makanan ini bisa dinikmati dengan porsi besar. Meski harganya agak sedikit mahal, namun terbayar berkat rasa yang enak dan porsi yang banyak. Berbagai pedagang lain juga menjual dagangannya di spot spot sekitar Taman Bungkul, yang tentunya masih didominasi oleh penjual makanan dan minuman.

Di bagian pusat taman terdapat dudukan yang menjadi tempat bersantai pengunjung. Di bagian tengah sering digunakan untuk tempat bermain anak-anak yang datang. Anak-anak ini bermain aneka permainan, sementara orang tua mereka mengawasi. Memang banyak pedagang mainan yang berjualan disini. Di antara mainan yang dijual antara lain adalah bola sepak, pesawat mainan, kincir angin dan lain-lain. Kita bisa melihat tingkah lucu anak anak yang datang memainkan mainannya masing-masing.

Selain itu banyak orang orang yang menjajakan jajanan dan minuman. Layaknya di warung kopi, sejumlah minuman seperti kopi, teh atau susu juga tersedia, termasuk jajanan seperti gorengan atau krupuk. So nongkrong di sini pun tak kalah enak dibanding nongkrong di warung kopi yang jadi favorit anak muda. Di sini juga terdapat sejumlah fasilitas lain seperti kamar mandi dan tempat parkir luas.

Secara umum, Taman Bungkul menjadi taman dengan fasilitas komplit. Selain luas area yang besar, Taman Bungkul juga ramai dikunjungi. Tak hanya saat Minggu pagi ketika ada acara Car Free Day, taman ini juga tetap ramai sehari-hari, terutama saat malam hari, dimana banyak remaja dan keluarga yang nongkrong disini sambil bersantai bareng teman dan anggota keluarga lainnya. Taman Bungkul pun layak menjadi salah satu tempat nongkrong outdoor terbaik di Surabaya.

Review Taman Bungkul


  • Nama: Taman Bungkul
  • Alamat : Jalan Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo, Surabaya
  • Jam buka : pagi - malam
  • Wi-Fi : Tidak ada
  • TV : Tidak ada
  • Tempat duduk : Seadanya
  • Kamar mandi : Ada
  • Rating : 4/5

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon