Warung Angkringan 27, Tempat Nongkrong Luas di Ketintang

Membuka usaha warung kopi atau kafe tentu akan lebih prospek jika berada di daerah yang ramai pemukiman. Di Surabaya yang notabene merupakan kota besar dengan jumlah penduduk yang sangat banyak, tentu akan sangat menjanjikan untuk membuka bisnis kedai kopi sebagai tempat nongkrong anak muda. Meski sebenarnya hampir semua daerah di Surabaya bisa dibulang cukup ramai, namun ada beberapa daerah khusus di Surabaya yang menjadi sangat prospek karena letaknya yang sangat strategis dan berada di pusat kota.

Salah satu daerah yang cukup strategis adalah Ketintang. Sebagai salah satu wilayah di Surabaya, Ketintang bisa dibilang sangat padat akan pemukiman penduduk. Tak hanya itu, di tempat ini banyak tempat-tempat penting, sebut saja seperti Universitas Negeri Surabaya (UNESA) atau mall Royal Plaza Surabaya. Dampaknya, daerah Ketintang begitu dipenuhi oleh remaja dan anak muda. Kebanyakan tentu berasal dari kalangan mahasiswa yang memilih menempati rumah kos di daerah tersebut. Ramainya wilayah ini juga dimanfaatkan para pemilik warung kopi untuk membuka usaha di Ketintang.

Suasana di Warung Angkringan 27
Suasana Ngopi di Warung Angkringan 27

Di antaranya banyak kedai kopi yang ada di Ketintang, salah satu yang paling terkenal adalah Warung Angkringan 27. Nama resminya yang ada di banner memang hanya Warung Angkringan saja, namun untuk membedakan dengan nama warung sejenis, pemilik warung menambahi kata 27 pada nama jaringan Wi-Fi sehingga menjadi Angrkingan 27. Lokasi warung kopi ini berada di Jalan Ketintang No. 179 A, Surabaya. Lokasinya tentu sangat strategis karena berada di jalan utama menuju pintu masuk kampus UNESA yang sering dilewati oleh mahasiswa kampus tersebut. Selain itu letaknya hanya berjarak beberapa puluh meter saja dari Royal Plaza. Tak heran jika tempat ini selalu ramai dikunjungi remaja dan masyarakat sekitar.

Apa yang tersedia di Angkringan 27 ini termasuk komplit untuk ukuran warung kopi. Satu hal yang sangat mencolok saat pertama masuk ke area warung ini adalah luas areanya yang sangat besar. Ya, warung kopi ini memang sangat luas dan sudah terlihat dari luar. Bahkan langit-langit atas di area warung ini sangat tinggi, dengan beberapa lampu besar yang ada menggantung dari atas. Angkringan 27 juga memiliki tempat parkir sepeda motor yang sangat luas. Cukup luas untuk menampung hingga puluhan sepeda motor yang ditata berjajar secara rapi.

Luas area warung yang sangat besar juga berdampak pada jumlah tempat duduk yang cukup banyak. Tercatat ada belasan area meja yang tersedia di kedai kopi ini, dimana di tiap tiap meja terdapat dua kursi panjang yang bisa menampung hingga 8 orang paling maksimal. Secara kapasitas, Angkringan 27 bisa saja menampung hingga ratusan orang jika semua tempat duduk ditempati. Namun pada faktanya tentu satu meja biasanya hanya ditempati oleh satu kelompok saja, yang rata-rata terdiri dari 2 sampai 5 orang saja.

Fasilitas di Angkringan 27 pun termasuk lengkap. Wi-Fi sebagai fasilitas wajib di tiap tempat ngopi pun tersedia dengan konektivitas yang sangat cepat. Bahkan dalam keadaan ramai dimana banyak pengunjung yang menggunakan Wi-Fi, koneksi masih tetap terjaga kestabilannya. Terdapat juga dua buah TV LCD yang tersedia, meski biasanya hanya satu TV saja yang dinyalakan oleh penjaga warung. Sebagai tambahan di tiap meja juga disediakan colokan listrik. Di sini juga terdapat fasilitas toilet yang mungkin jarang ditemui di tempat ngopi lain.

Bagaimana dengan menu makanan dan minuman yang disediakan? Layaknya tempat ngopi lain, Angkringan 27 masih mengandalkan kopi hitam dan aneka minuman sachet lain sebagai menu andalan. Sebagai tambahan, aneka jajanan dan roti juga tersedia untuk cemilan. Sistem pembayaran yang digunakan di sini adalah langsung bayar. Jadi jika seseorang pesan harus langsung bayar, setelah itu baru pembeli bisa nongkrong sepuasnya tanpa ada tanggungan untuk bayar lagi.

Satu kebijakan juga diterapkan di Angkringan 27 ini, dimana pengunjung yang mengenakan seragam sekolah SD/SMP/SMA dilarang nongkrong disini. Kebijakan semacam ini memang banyak diterapkan di beberapa warung kopi di Ketintang, mengingat di daerah Ketintang juga banyak sekolah pendidikan formal yang berdiri. Meski menerapkan kebijakan tersebut, nyatanya tidak mengurangi jumlah pengunjung di warung ini karena tempat ini bisa dibilang selalu ramai tiap saat.

Pengunjung yang datang kebanyakan memang dari kalangan remaja. Banyak pemuda yang nongkrong sambil ngobrol disini atau mahasiswa yang mengerjakan tugas dan diskusi tentang masalah kuliah. Pengunjung pun tak terbatas pada laki-laki saja, karena banyak juga perempuan yang ikut nongkrong di warung kopi ini. Selain remaja, juga kerap ditemui masyarakat sekitar yang tidak muda lagi yang juga ngopi disini. So, segmentasi pengunjung pun kian meluas ke semua umur.

Sebagai salah satu tempat ngopi paling strategis di daerah Ketintang, yang merupakan salah satu wilayah paling ramai di Surabaya, warung Angkringan 27 ini memang tidak pernah sepi pengunjung. Dengan sejumlah fasilitas komplit, Angkringan 27 menjadi salah satu opsi tempat ngopi paling pas di daerah Ketintang.

Review Warung Kopi Angkringan 27


  • Nama: Warung kopi Angkringan 27
  • Alamat : Jalan Ketintang 179 A, Ketintang, Surabaya
  • Jam buka : pagi-malam (24 jam)
  • Wi-Fi : Ada
  • TV : Ada
  • Tempat duduk : Kursi
  • Kamar mandi : Ada
  • Rating : 4/5

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon