Daftar Tempat Nongkrong di Surabaya Malam Hari

Malam hari merupakan waktu yang tepat untuk keluar dan mencari hiburan. Memang waktu malam menjadi tepat untuk refreshing setelah seharian kita beraktivitas, entah itu sekolah, kuliah atau bekerja. Maka tak heran jika suasana kota saat malam selalu ramai, terutama di kota-kota besar di Indonesia. Salah satu kota besar di Indonesia adalah Surabaya, yang memiliki beberapa tempat hiburan. Bisa dipastikan spot spot tempat hiburan untuk nongkrong saat malam hari akan selalu ramai.

Surabaya memang memiliki banyak tempat nongkrong saat malam hari. Kebanyakan orang-orang yang nongkrong saat malam hari berasal dari golongan remaja/pemuda. Apalagi di Surabaya banyak terdapat universitas seperti UNAIR, ITS, UNESA, ITATS dan lain-lain yang menambah populasi remaja dari kalangan mahasiswa luar kota yang menempuh pendidikan di Surabaya.

Warung Kopi Dibawah Jembatan Suramadu
Suasana Nongkrong Dibawah Jembatan Suramadu Pada Malam Hari

Beberapa tempat nongkrong di Surabaya terbagi menjadi beberapa jenis, misalnya taman, kafe, mall atau ruang publik. Sejumlah taman di Surabaya memang tergolong dalam kelas bagus, contohnya adalah Taman Bungkul yang sudah terkenal di mana-mana sebagai salah satu taman terbaik di Indonesia. Surabaya juga memiliki sejumlah mall, bahkan saking banyaknya hampir di tiap kecamatan atau pusat kota terdapat mall. Contoh mall terkenal yang sangat ramai di Surabaya adalah Royal Plaza, Tunjungan Plaza dan Galaxy Mall.

Selain itu terdapat juga banyak kafe atau warung kopi di Surabaya, terutama di daerah sekitar kampus. Beberapa kafe dan kedai kopi ini juga kerap menjadi tempat nongkrong favorit muda-mudi di Surabaya. Hal ini juga belum termasuk tempat makan di Surabaya yang banyak dan beragam dengan konsep dan desain interior yang unik.

Ada juga ruang publik lain di kota Surabaya yang bisa dijadikan tempat bersantai bareng teman-teman kita saat malam hari. Banyaknya tempat nongkrong di Surabaya tentu memberi opsi bagi orang-orang yang ingin mencari tempat untuk hangout saat waktu malam hari. Untuk itu kami memilih dan merekomendasikan beberapa tempat yang pas untuk nongkrong sebagai berikut.

1. Kawasan Jembatan Suramadu

Tempat nongkrong berikutnya yang pas saat malam hari adalah Jembatan Suramadu. Tentu bukan berarti kita nongkrong di area jalanan jembatan Suramadu, tapi di sekitar jembatan tersebut. Ya, di sekitar jembatan ini memang banyak area yang bisa digunakan untuk duduk dan bersantai. Hal ini ditunjang dengan banyaknya para penjual makanan dan warung kopi dadakan yang berdiri di area pinggir jembatan. Ngopi disini pun akan menghadirkan sensasi yang berbeda. Kita bisa ngopi dan nongkrong sambil melihat pemandangan bagus, yaitu Jembatan Suramadu lengkap dengan kelap kelip lampunya di malam hari.
Baca : Sensasi Ngopi di Bawah Jembatan Suramadu
2. Taman Bungkul

Taman Bungkul merupakan salah satu taman primadona di Surabaya. Lokasinya berada di daerah Darmo, Wonokromo. Dengan area lahan yang cukup luas, Taman Bungkul menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat di Surabaya untuk menghabiskan waktu luang. Saat minggu pagi, jalanan di depan taman ini bisa digunakan untuk Car Free Day. Taman Bungkul juga tetap ramai saat malam hari. Banyak fasilitas yang tersedia disini, mulai dari Wi-Fi gratis, telepon umum, taman bermain untuk anak-anak dan kolam air. Ada juga sarana untuk bermain skateboard dan sepeda BMX serta track untuk jogging. Di sekitar taman ini wajib dikunjungi bagi orang yang pernah ke Surabaya.
Baca : Nongkrong Bareng Keluarga Malam Hari di Taman Bungkul
3. Pusat Wisata Kampung Nelayan Bulak

Pusat wisata kampung nelayan ini terletak di daerah Bulak Banteng. Terdapat banyak sebutan untuk tempat ini, seperti Sentra Ikan Bulak atau Pesisir Pantai Kenjeran. Memang area tempat ini berbatasan dengan pesisir Kenjeran. Disini kita bisa nongkrong di tempat tempat yang ada. Banyak penjual warung kopi yang ada, dimana kita bisa nyantai dan menikmati minuman kopi sambil melihat view laut lepas di Pantai Kenjeran saat malam hari. Terdapat juga sentra ikan yang menjual aneka produk laut dan perikanan disini. Ada juga taman bermain dengan air mancur warna-warni yang bisa dinikmati. Kawasan ini pun selalu ramai dan banyak anak-anak bermain disini saat malam hari.
Baca : Suasana Ngopi Pinggir Pantai di Kenjeran
4. Danau UNESA Lidah Wetan

Kawasan di sekitar danau UNESA (Universitas Negeri Surabaya) ini terletak di Lidah Wetan. Saat sore hari hingga waktu tengah malam, lokasi di sekitar danau UNESA ini akan dibanjiri oleh para penjual makanan dan minuman yang beragam. Sepanjang jalan, para penjualan ini menjajakan dagangannya di dekat trotoar. Banyak juga spot spot nongkrong yang tersedia di trotoar sepanjang jalan dekat danau. So kita bisa nyemil, ngopi dan nongkrong sambil menikmati pemandangan danau UNESA dan keramaian pengunjung yang ada di kawasan ini.
Baca : Aneka Kuliner di Kawasan Danau UNESA Lidah Wetan
5. Taman Nginden Intan Raya

Taman ini terletak di daerah Nginden Intan Raya, Surabaya. Tempat ini layak dijadikan sebagai rekomendasi tempat nongkrong saat malam hari. Disini terdapat beberapa spot nongkrong. Ada juga sejumlah ornamen dan pepohonan yang rindang yang membuat area ini menjadi sejuk. Di sekeliling taman Nginden Intan Raya juga banyak para penjual kopi dan jajanan lain yang berjualan.
Baca : Ngopi Malam Hari di Taman Nginden Intan Raya 
6. Pakuwon Food Festival

Pakuwon Food Festival terletak di daerah Kejawan Putih, Mulyorejo. Food court ini sendiri merupakan bagian dari mall Pakuwon City. Disini terdapat puluhan stand makanan khas Jawa Timur. Tiap harinya, Pakuwon Food Festival selalu ramai dikunjungi masyarakat. Tempat ini juga berfungsi sebagai tempat nongkrong sambil menikmati makanan makanan khas Jawa Timur yang enak dan mantap. Sejumlah fasilitas seperti toilet, Wi-Fi hingga tempat ibadah ada disini. Terdapat juga live music di hari-hari tertentu yang membuat pengunjung makin betah disini.

Daftar tempat nongkrong di atas bisa jadi rekomendasi bagi yang ingin mencari tempat untuk nongkrong Surabaya di malam hari. Tempat nongkrong di atas juga cocok untuk dikunjungi bareng teman-teman, dimana kita bisa ngobrol bareng teman sambil ngopi dan nyemil makanan dan minuman yang dijual di tempat tempat tersebut. menurut pengalaman anda, kira kira mana lagi tempat yang ocok untuk nongkrong di malam hari? jangan ragu untuk menuliskannya di kotak komentar.

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon