Warkop Alya dengan Koneksi Internet Super Kencang

Bingung mau cari tempat untuk mengerjakan tugas yang enak dan leluasa? Atau butuh koneksi internet tapi lagi tidak punya kuota paketan internet yang cukup? Dua hal itu memang menjadi problematika banyak mahasiswa yang menemput studi di perguruan tinggi di kota Surabaya. Kebutuhan akan koneksi internet pun seakan menjadi suatu kewajiban. Namun tentu tidak semua tempat kos menyediakan layanan Wi-Fi gratis. Jika hanya mengandalkan kuota internet berbayar, maka pengeluaran kita akan membengkak tiap bulannya.

Memanfaatkan koneksi internet di warung kopi atau kafe yang ada mungkin bisa menjadi solusi. Namun faktanya tak banyak warkop dengan koneksi internet kencang. Kebanyakan koneksi Wi-Fi yang disediakan di warung akan menjadi sedikit lelet jika sedang banyak pengunjung. Parahnya, hampir tiap saat warung kopi selalu penuh sehingga susah menemukan tempat ngopi dengan koneksi yang cepat. Rekomendasi dari kami jika ingin mengunjungi warkop dengan jaringan Wi-Fi yang super kencang yaitu ada di warung kopi Alya.

Suasana Ngopi di Warkop Alya
Suasana Ngopi di Warkop Alya

Warung kopi Alya ini terletak di Keputih Gang Makam, Keputih, Surabaya. Letaknya memang hanya berada di gang, namun warung kopi ini selalu ramai pengunjung, yang tentunya didominasi oleh para mahasiswa. Apalagi jika malam hari, maka Alya akan menjadi semakin penuh. Tempat yang disediakan di kedai kopi ini memang terkesan cukup sederhana. Tidak ada tembok karena ruangan warung dibuat terbuka namun tetap memiliki atap. Parkir yang disediakan di warung kopi ini cukup luas dan bisa menampung hingga puluhan sepeda motor.

Koneksi internet di sini memang menjadi keunggulan utama. Meski sedang banyak orang, namun koneksi tetap cepat, stabil dan tidak lemot. Banyak mahasiswa yang mengerjakan tugas bareng-bareng di sini. Selain itu biasanya juga ada beberapa pengunjung yang memanfaatkan koneksi internet. Hebatnya koneksi internet di warkop Alya selalu lancar dan stabil, dan hampir tidak pernah mengalami trouble atau gangguan.

Koneksi internet yang super stabil membuat Alya selalu ramai. Selain jaringan internet yang lancar, salah satu penyebab ramainya warung ini adalah adanya TV. Memang saat sedang ada pertandingan bola, warung kopi Alya selalu ramai karena banyak pengunjung yang ingin nobar disini. Saat waktu siang hari sampai setelah isya, di depan warung kopi juga ada penjual makanan yang stand by di situ. Ia menjual nasi goreng, mi goreng dan juga soto ayam. Jadi bagi yang sedang lapar, bisa makan pesan di situ dan kemudian memesan minum di kedai kopi Alya.

Saat awal berdiri dulu, warung ini sempat juga dijuluki warung kopi soto, karena adanya penjual soto yang mangkal di depan warung. Memang sampai sekarang tempat ini tidak memasang plakat atau banner yang menunjukkan nama warung kopi. Tentu hal ini membuat orang orang yang lewat dan berkunjung bingung dan tidak tahu apa nama warung tersebut. Nama warung kopi ini baru bisa diketahui lewat nama jaringan Wi-Fi yang digunakan yaitu Alya, sehingga kemudian orang-orang mulai menyebutnya sebagai warung kopi Alya.

Di Alya, juga tersedia dua pilihan tempat duduk, yaitu kursi dan lesehan. Di tiap sudut juga tersedia colokan atau stopkontak. Jadi kita tidak akan khawatir akan akses listrik untuk mengecas perangkat gadget kita. Warung kopi ini juga buka 24 jam non-stop. Bahkan warkop ini tidak ada pintunya sehingga memang benar-benar buka 24 jam secara harfiah. Ada beberapa penjaga warung kopi yang saling bergantian shift untuk menjaga tempat ini sehingga bisa buka tiap hari tanpa pernah tutup, mulai pagi, malam, dini hari sampai pagi lagi. Satu kelemahan yang mungkin ada di sini adalah saat malam hari banyak nyamuk berkeliaran yang mungkin bisa mengganggu aktivitas ngopi.

Tiap hari warung kopi ini selalu ramai, bahkan sampai saat waktu Subuh pun masih banyak pengunjung di sini. Koneksi Wi-Fi yang kencang jelas menjadi penyebab utama, seiring dengan kebutuhan internet bagi para mahasiswa yang menjadi mayoritas pengunjung. Warung kopi ini juga asik untuk tempat nongkrong menghabiskan waktu luang.

Review Warung Kopi Alya


  • Nama: Warung kopi Alya
  • Alamat : Keputih Gang Makam, Keputih, Surabaya
  • Jam buka : pagi-malam (24 jam)
  • Wi-Fi : Ada
  • TV : Ada
  • Tempat duduk : Kursi & Lesehan
  • Kamar mandi : Ada
  • Rating : 3,5/5

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon