Suasana Ngopi Pinggir Pantai di Kenjeran

Dalam memilih tempat untuk nongkrong dan ngopi, selain menu pilihan minuman dan fasilitas yang disediakan, suasana juga menjadi faktor yang cukup penting. Tentu akan lebih seru jika kita bisa ngopi dan nongkrong di tempat tempat yang unik dibanding hanya di warung kopi biasa. Salah satu contoh ngopi dengan suasana yang unik dan berbeda adalah ngopi dengan suasana di pinggir pantai di malam hari. Di kota Surabaya, kita bisa mewujudkannya dengan ngopi malam hari di pinggir pantai yang ada di pantai Kenjeran daerah Bulak.

Kenjeran merupakan daerah di kota Surabaya yang letaknya dekat dengan wilayah pesisir laut Selat Madura sehingga banyak daerah daerah pantai yang ada di Kenjeran. Salah satunya berlokasi di kawasan Bulak, yaitu dekat dengan Pusat Wisata Kampung Nelayan Bulak. Lebih tepatnya berada di Jalan Sukolilo, Kedung Cowek, Bulak. Kawasan wisata di pesisir pantai Kenjeran daerah Bulak ini hanya beroperasi saat malam hari saja. Di waktu malam hari, akan banyak warga sekitar yang datang ke tempat ini untuk nongkrong dan refreshing.

Warung Kopi di Pantai Kenjeran
Warung Kopi yang Berjejer di Pantai Kenjeran

Sejak beberapa tahun lalu, kawasan ini memang sudah diresmikan sebagai tempat wisata malam hari untuk warga sekitar. Terdapat semacam taman bermain yang ada disini lengkap dengan air mancur dan gemerlap lampu warna-warni yang indah. Selain itu juga terdapat Sentra Ikan Bulak, pusat penjualan ikan terbesar di Surabaya yang menjual produk-produk hasil olahan perikanan yang didapatkan oleh para nelayan, contohnya seperti ikan asap, kerupuk ikan hingga tempat kuliner. Tiap malam tiba, tempat ini selalu ramai dikunjungi warga.

Banyak anak-anak yang bermain layang-layang disini dengan memanfaatkan angin dari laut di malam hari. Banyak juga remaja yang nongkrong disini sambil menikmati suasana pemandangan pantai yang terbuka. Memang terdapat banyak pedagang keliling menawarkan jajanannya, seperti penjual pentol atau bakso serta penjual minuman seperti kopi atau teh. Suasana ini yang membuat kawasan ini selalu ramai.

Namun kita tak akan membahas semuanya yang ada di Pusat Wisata Kampung Nelayan Bulak ini. Kali ini kita akan membahas khusus untuk suasana ngopi di wilayah tersebut. Terdapat beberapa pedagang minuman yang ada di kawasan tersebut. Minuman-minuman yang dijual antara lain kopi, kopi susu, teh dan susu. Kita bisa memesan minuman dan kemudian menikmati suasana pinggir pantai dekat dengan laut lepas dengan angin sepoi-sepoi.

Suasana ngopi pinggir pantai ini mungkin tak bisa ditemui di tempat lain di kota Surabaya. Sambil ngopi, kita bisa melihat puluhan perahu perahu nelayan yang sedang parkir di pesisir pantai. Terkadang ada pula nelayan yang baru berangkat untuk melaut di malam hari. Ada juga para pencari ikan, kerang dan sejenisnya di pinggir pantai yang mulai beraksi saat malam hari. Suasana seperti hanya bisa kita lihat di pesisir pantai saja.

Memang pantai Kenjeran ini jauh dari kata bersih alias lumayan kotor. Banyak sampah sampah yang berserakan di pesisir yang berasal dari laut yang mungkin bisa merusak pemandangan. Meski begitu, kita masih tetap bisa menikmati suasana pantai dan laut dengan angin yang berhembus silir-silir. Udara dingin ini membuat kita dianjurkan untuk memakai jaket saat akan ngopi disini. Suasana laut saat malam hari memang menjadi salah satu view yang menarik untuk dilihat.

Untuk masuk ke kawasan dekat pinggir pantai ini, dengan kendaraan sepeda motor akan ditarik tarif 2000 rupiah oleh beberapa oknum yang menjaga tempat tersebut. Tarif ini sebenarnya baru ditetapkan beberapa waktu lalu karena dulu masih gratis. Meski begitu, kita bisa mengakalinya dengan masuk lewat jalur memutar lain tanpa bayar, yaitu masuk lewat bagian belakang.

Ada juga beberapa warung kopi sepanjang jalan sebelum menuju kawasan tersebut. Suasana yang didapat dengan ngopi pun hampir sama, dimana kita bisa melihat laut lepas di malam hari meski tidak langsung berbatasan dengan pesisir pantai. Di sini kita bisa ngopi dengan tempat duduk lesehan. Selain itu kita bisa melihat pemandangan Jembatan Suramadu yang dipenuhi lampu kelap-kelip dari radius yang sangat jauh.
Baca : Sensasi Ngopi di Bawah Jembatan Suramadu
So, ada banyak opsi tempat ngopi di dekat pantai Kenjeran daerah Bulak ini. Memang penjual warung kopi memanfaatkan suasana ngopi unik ini untuk menjual dagangannya. Suasana pinggir pantai dengan angin sepoi-sepoi menjadi keunggulan utama bagi kita untuk ngopi di situ. Terdapat juga banyak penjual jajan lain yang berlalu lalang. Tempat ini juga ramai didatangi oleh warga setempat, khusus saat malam hari saja.

Review Warung Kopi Kenjeran


  • Nama: Warung kopi Pantai Kenjeran Pusat Wisata Kampung Nelayan Bulak (tidak resmi)
  • Alamat : Jl. Sukolilo, Kedung Cowek, Bulak, Surabaya
  • Jam buka : malam hari (jam 6 - lewat tengah malam)
  • Wi-Fi : Tidak Ada
  • TV : Tidak Ada
  • Tempat duduk : Lesehan/Seadanya
  • Kamar mandi : Tidak ada
  • Rating : 3,5/5

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon