Sensasi Ngopi di Bawah Jembatan Suramadu

Siapa yang tak tahu dengan Jembatan Suramadu? Jembatan yang menghubungkan kota Surabaya dan pulau Madura ini menjadi jembatan terpanjang di Indonesia dan juga terpanjang di Asia Tenggara dengan panjang kurang lebih sekitar 5 km. Pembangunan jembatan ini memakan waktu selama bertahun-tahun. Setelah diresmikan, jembatan Suramadu ini seakan menjadi ikon, baik bagi kota Surabaya atau pulau Madura. Panorama yang bagus di sekitar jembatan ini tentu mengundang daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Banyak masyarakat yang berfoto-foto dengan jembatan ini sebagai background-nya. Tentu akan lebih asik jika kita bisa ngopi dengan pemandangan jembatan Suramadu dari jarak yang cukup dekat.

Tiap malam hari, di sekitar jembatan Suramadu banyak bermunculan penjual kopi dadakan dan penjual aneka minuman serta jajanan lain. Sebagai salah satu objek khas dan trademark utama dari kota Surabaya, jembatan Suramadu memang banyak dikunjungi orang-orang terutama saat malam hari. Kebanyakan memang berasal dari kalangan remaja yang sedang nongkrong dan hangout bersama teman-teman menghabiskan waktu malam hari. Nah, kali ini akan dibahas mengenai sensasi ngopi dan nongkrong di bawah jembatan Suramadu sambil menikmati view pemandangan yang ada saat waktu malam hari.

Baca : Ngopi Pinggir Kali dengan View Bagus di Warkop Dahlia
Ngopi Lesehan di Bawah Jembatan Suramadu
Suasana Saat Ngopi di Bawah Jembatan Suramadu

Ada banyak warung kopi dadakan yang ada di jalanan sekitar Jembatan Suramadu saat malam hari dalam radius cukup jauh. Namun akan lebih dianjurkan jika memilih tempat ngopi yang berada tepat di sebelah kiri jembatan Suramadu. Alasannya, pemandangan yang bisa dilihat lebih bagus dibandingkan spot spot warung kopi yang lain. Selain itu juga disediakan tempat duduk lesehan yang luas beralaskan karpet dan sebuah meja kecil sehingga ngopi bisa menjadi lebih santai, bahkan kita juga bisa nongkrong sambil tidur-tiduran disini.

Untuk menu minuman yang ada, tentu tak jauh beda dengan warung lain. Kebanyakan kedai kopi disini juga menyediakan pilihan kopi yang sama. Selain minuman juga banyak penjual makanan yang ada di kawasan sekitar Suramadu tersebut, mulai dari makanan ringan seperti pentol dan gorengan hingga makanan berat seperti bakso dan nasi goreng. Jika sedang lapar, boleh ngopi sambil memesan makanan juga.

Tentunya keunggulan utama dari ngopi di sini adalah view yang sangat bagus. Kita bisa melihat penampakan jembatan Suramadu secara langsung dan eksklusif dari jarak yang dekat. Meski terlihat dari satu sisi dengan sudut miring, namun panorama Suramadu di malam hari tetap terlihat indah, apalagi ditambah dengan kelap kelip lampu khas Suramadu saat malam hari. Kita memang tidak bisa melihat kendaraan yang lalu lalang di jalanan jembatan karena sudut pandangnya terlalu tinggi. Namun view dan suasana Suramadu dari jarak jauh sudah cukup bagus.

Selain itu juga bisa dilihat pemandangan hamparan laut lepas di sekitar jembatan Suramadu. Sesekali juga ada perahu layar nelayan yang melintas di sekitar jembatan tersebut. Udara di sekitar Suramadu memang cukup dingin karena langsung berbatasan dengan laut sehingga dianjurkan membawa jaket. Hembusan angin yang silih berganti pun bisa dirasakan jika sedang ngopi disini. Kondisi ngopi di ruang terbuka memang tak banyak dinikmati di tempat lain di Surabaya.

Dalam sesekali waktu, terjadi penggalian di sekitar pesisir laut sehingga beberapa spot warung kopi yang strategis menjadi tergusur dan tidak berjualan untuk sementara. Jika hal ini terjadi, tidak usah khawatir masih ada spot warung kopi lain. Bahkan ada juga spot ngopi yang berada tepat di bawah jembatan Suramadu. Jika ngopi disini, view yang bisa dilihat memang terbatas karena kita hanya bisa melihat bagian bawah dari jembatan. Namun juga ada keuntungannya ngopi disini, misalnya jika hujan turun, maka kita akan terlindungi oleh jembatan. Di jalanan sebelum masuk area Jembatan Suramadu juga banyak warung kopi di bagian kiri jalan meski dari sini kita tidak bisa melihat pemandangan jembatan Suramadu dengan jelas.

Tiap malam, kawasan sekitar jembatan Suramadu ini memang tidak pernah sepi. Banyak remaja dan berbagai komunitas yang memilih nongkrong disini. Bahkan sampai lewat tengah malam pun kawasan ini tetap saja akan ramai. Banyaknnya spot warung kopi yang ada pun menjadi salah satu faktor ramainya pengunjung. Apalagi orang yang ngopi disini bisa melihat view jembatan Suramadu di malam hari dari jarak yang cukup dekat, tentu hal ini menjadi sesuatu yang jarang ditemui. Bagi yang ingin menikmati sensasi tersebut, bisa langsung datang ke area sekitar Jembatan Suramadu saat malam hari.

Review Warung Kopi Jembatan Suramadu 


  • Nama: Warung kopi sekitar Jembatan Suramadu (tidak resmi)
  • Alamat : Sekitar Jembatan Suramadu, Surabaya
  • Jam buka : malam hari
  • Wi-Fi : Tidak Ada
  • TV : Tidak Ada
  • Tempat duduk : Lesehan
  • Kamar mandi : Tidak ada
  • Rating : 4/5

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon