Kedai Mbah Sangkil, Warkop dengan Aneka Cemilan Enak

Pernahkah kamu mendengar nama kedai kopi yang unik, aneh dan agak nyeleneh? Bukan warung sederhana atau warung barokah yang sudah pasaran tentunya, atau warung dengan nama wilayah tempat berdirinya warung tersebut. Jika ada, pasti masih kalah aneh dibanding nama kedai warung kopi yang satu ini, yaitu warung kopi Mbah Sangkil. Dari mana nama Mbah Sangkil ini berasal? Apakah Mbah Sangkil adalah nama kakek atau leluhur dari pemilik warkop atau ada asal usul lain yang masih misterius dan tersembunyi?

Kedai Mbah Sangkil menjadi salah satu pilihan tempat ngopi sambil nongkrong bagi mahasiswa dan remaja lain. Lokasinya berada di Jalan Semolowaru No. 122, Semolowaru, Surabaya. Letaknya cukup strategis, dekat dengan beberapa kampus swasta yang ada di Surabaya, termasuk UNTAG atau ITATS. Letaknya yang berada di pinggir jalan yang cukup ramai lalu lalang juga menjadi keuntungan positif bagi pemilik usaha. Di dalam ruangan kebanyakan tempat duduk menggunakan kursi, meski ada suatu area di pojok ruangan yang menerapkan duduk secara lesehan.

Suasana di Dalam Kedai Mbah Sangkil
Suasana Ngopi di Dalam Kedai Mbah Sangkil

Lantas kenapa memilih nama Mbah Sangkil? Ternyata hal ini berasal dari ocehan ocehan khas arek Suroboyo. Biasanya mereka akan bergurau dengan menyebut nama nama aneh untuk menceloteh seseorang. Terdapat juga tulisan di dinding warung kopi yang kurang lebih bunyinya seperti ini, “Ngopi nang ndi? Nang Mbah Sangkil a?”. Kurang lebih, nama Mbah Sangkil berasal dari plesetan dan guyonan khas arek arek Suroboyo.

Ornamen dinding di Mbah Sangkil juga banyak dihiasi oleh quote quote aneh, unik dan lucu khas Surabaya dengan menggunakan bahasa Jawa. Beberapa di antaranya adalah “Ngopi sek ae”, “Ngomong ta kora-kora” atau “Makmu kiper a?”. Kata-kata seperti itu memang menjadi ciri khas dari obrolan anak anak di daerah Surabaya dan sekitarnya. Kata-kata tersebut mungkin agak terdengar kasar, namun itu lah yang menjadi ciri khas dari warkop Mbah Sangkil. Selain itu terdapat berbagai gambar grafiti dan doodle di tembok warung kopi ini. Desain interior di Mbah Sangkil pun terlihat bagus dan berwarna dengan adanya inovasi tersebut.

Warung kopi ini juga banyak menyediakan pilihan menu makanan dan cemilan enak dengan harga yang relatif terjangkau. Di Mbah Sangkil, kamu bisa memesan aneka cemilan dan jajanan yang enak dan mantap. Kamu bisa memesan kentang goreng yang tak kalah enak dengan French Fries di McDonald. Ada juga jamur crispy, tahu crispy hingga jajanan khas Timur Tengah seperti kebab atau roti mariyam. Pilihan menu tersebut tentu termasuk cukup lengkap jika dibandingkan dengan warung kopi sejenis. Semuaa cemilan tersebut juga tersedia dengan harga yang pas dan cukup terjangkau.

Bagi yang ingin makan makanan berat, juga tersedia menu nasi goreng dengan berbagai ragam, seperti nasi goreng telur atau nasi goreng sosis. Hal ini belum ditambah dengan menu makanan wajib di tiap warung kopi, yaitu mi goreng dan mi rebus. So, di warung kopi Sangkil ini, kamu tidak hanya bisa minum kopi atau teh, tapi juga mengisi perut dengan aneka makanan dan cemilan yang tersedia. Tidak perlu khawatir rasa lapar melanda karena disini banyak makanan dan cemilan enak khas kafe kafe elit yang tersedia dengan harga murah.

Untuk menu minuman, kedai Mbah Sangkil juga terbilang cukup komplit dan tidak sama pada umumnya. Ada pilihan menu lain selain menu minuman standar seperti kopi, teh atau susu. Beberapa contoh menu minuman pilihan lain yang cukup khas di antaranya yaitu milkshake atau vanilla cream. Tentu untuk menu menu tidak umum ini pemilik memasang tarif yang agak mahal, biasanya di atas 6 ribu rupiah. Namun hal itu sepadan dengan rasanya yang nikmat.

Fasilitas Wi-Fi juga tersedia disini, Biasanya pemilik warkop akan menggunakan password Wi-Fi dengan kata-kata aneh. Meskipun begitu, koneksi internet biasanya akan mengalami masalah jika banyak pengunjung yang menggunakannya. Kemungkinan jaringan internet yang ada hanya kuat untuk beberapa pengguna saja. Selain itu, tempat parkir yang tersedia juga tidak terlalu luas dan mungkin hanya bisa menampung sepeda motor secukupnya. Akibatnya, banyak sepeda motor yang harus terparkir sampai melebihi bahu jalan.

Overall, kedai kopi Mbah Sangkil menjadi salah satu pilihan tempat ngopi yang asik terutama saat malam hari. Banyaknya pilihan cemilan jelas menjadi keunggulan utama dibanding kedai kopi lain yang cenderung tidak umum. Kita bisa rame-rame mengajak teman teman untuk nongkrong ke warung kopi Mbah Sangkil ini.

Review Warung Kopi Mbah Sangkil


  • Nama: Warung kopi Mbah Sangkil
  • Alamat : Jln. Semolowaru No. 122, Semolowaru, Surabaya
  • Jam buka : pagi-malam
  • Wi-Fi : Ada
  • TV : Ada
  • Tempat duduk : Kursi
  • Kamar mandi : Ada
  • Rating : 4/5

Mokhammad Zakky

Mokhammad Zakky

Alumni ITS, Seorang Profesional Blogger, Penulis Konten, dan Kontributor di Berbagai Situs.


EmoticonEmoticon